Hore... 8 Taman di Surabaya Akan Dibuka Kembali Lusa

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 16:37 WIB
Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin
Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Setelah 4 bulan lamanya tutup karena pemberlakuan PPKM, akhirnya taman di Surabaya akan kembali dibuka pada Jumat (22/10). Tapi belum semua taman dibuka.

Ada 8 dari 39 taman yang dibuka terlebih dahulu sebagai percobaan sebelum semua taman dibuka. Ada alasan juga mengapa pembukaan taman dilakukan mulai hari Jumat.

"8 Taman yang buka Jumat besok, ada Taman Flora, Cahaya, Sejarah, Harmony, Pelangi, Kebun Bibit Wonorejo, Prestasi, Ekspresi. Sudah mewakili di masing-masing lokasi. Taman Bungkul belum, Taman Apsari juga tidak buka dulu," kata Kepala Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Anna Fajriatin kepada wartawan, Selasa (19/10/2021).

"Uji cobanya Jumat, Sabtu, Minggu. Dari 3 hari itu kelihatan berapa pengunjungnya, itu jadi catatan kami. Nanti kami sampaikan ke pak wali, mungkin ada arahan juga," tambahnya.

Anna mengatakan jika taman dibuka kembali, tentunya yang mendatangi adalah anak-anak. Namun protokol kesehatan tetap dijaga terutama oleh orang tua terhadap anak-anaknya. Di taman yang dibuka nantinya juga terdapat petugas untuk melakukan pengawasan.

"Masyarakat juga saling memahami, kita sama-sama menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena kita sudah level 1," ujarnya.

Selain itu terdapat pembatasan kapasitas pengunjung dan durasi waktu saat berkunjung ke taman. Sesuai dengan aturan, jumlah dibatasi 25% dan waktu dibagi dua sesi.

Mantan Camat Gunung Anyar ini mengatakan sebelum dibuka pada Jumat lusa terlebih dahulu dilakukan asesmen. Seperti mengecek luas wilayah taman dan berapa orang yang berkunjung.

Dengan asesmen tersebut akan diketahui luas taman. Kemudian berapa orang yang bisa masuk tanpa menimbulkan kerumunan. Sebab, kondisi di setiap taman berbeda-beda.

"Kalau pembukaan taman ada 2 sesi, pagi dan sore. Pagi jam 06.00-11.00 WIB, sore jam 13.00-17.00 WIB. Dalam 1 sesi itu kita akan bagi-bagi beberapa spot, jadi tidak kumpul di satu titik saja. Kalau sepi ga masalah, tetap dalam koridornya penilaian satgas COVID. Pokoknya menghindari kerumunan," jelasnya.

"Yang ramai biasanya Taman Flora, Kebun Bibit Wonorejo, Taman Harmoni, pasti rame. Apa lagi weekend," pungkasnya.

(iwd/iwd)