Bus di Probolinggo Terimbas Solar Langka, Ngandang Hingga Penumpang Protes

M Rofiq - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 18:53 WIB
solar langka diprobolinggo
Bus di garasi AKAS yang tak berangkat karena solar langka (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Langkanya solar di sejumlah daerah di Jatim membuat perusahaan bus di Probolinggo kelimpungan. Jadwal keberangkatan pun kacau balau, penumpang juga protes.

"Kelangkaan solar di sejumlah daerah membuat bus tak jalan. Keberangkatan dan kedatangan di terminal bus juga molor, dan tidak tepat waktu. Sedangkan penumpang minta tepat waktu. Kelangkaan solar juga membahayakan perjalanan bus karena sopir sedikit waktunya beristirahat," ujar salah satu kru Bus Akas, Muklis Sholehudin kepada detikcom, Senin (18/10/2021).

Muklis mengatakan biasanya perjalanan dari Banyuwangi menuju Yogyakarta ditempuh paling cepat 12 jam dan paling lambat 14 jam. Karena kelangkaan solar, perjalanan bisa memakan waktu hingga 17 jam.

Ketua Organda Probolinggo Tomi Wahyu Prakoso mengatakan kelangkaan solar membuat perusahaan bus resah. Karena itu dirinya berharap solar kembali normal. Karena jika bus dipaks membeli Dexlite yang tidak bersubsisi, maka itu akan menambah biaya perjalanan dan mengurangi keuntungan perusahaan bus.

"Kelangkaan solar membuat jadwal waktu molor, dan menunda waktu sampai tujuan. Sopir dan kru bus juga kurang istirahat yang dampaknya bisa membahayakan penumpang. Kami berharap pasokan solar kembali lancar. Karena jika membeli BBM Dexlite, itu akan menambah biaya dan akan mengurangi keuntungan," kata Tomi.

(iwd/iwd)