Rombongan Camper Van Padati Wisata di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 10:07 WIB
campervan sambangi banyuwangi
Rombongan campervan di salah satu destinasi wisata di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Banyuwangi kembali menjadi jujugan wisata setelah pandemi COVID-19. Rombongan camper van dari beberapa kota besar di Indonesia menikmati beberapa destinasi wisata di Banyuwangi.

Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Camper Van Indonesia (CVI) Jawa Timur yang menggelar road trip 100 hari susur Pulau Jawa. Banyuwangi menjadi daerah pertama yang dikunjungi. Camper van merupakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya rumah. Ada dapur, tempat tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan.

Selama hampir sepekan, rombongan yang terdiri dari 120 mobil camper van itu mengunjungi berbagai destinasi wisata. Mereka pun melakukan camping di kawasan Bumi Perkemahan Paltuding, TWA Kawah Ijen, Banyuwangi, Minggu (17/10/2021).

"Saya sudah 5 hari ini keliling Banyuwangi. Sangat menarik. Dan sepertinya kurang ya waktunya," ujar Moko, salah satu pemilik Camper van kepada wartawan.

campervan sambangi banyuwangiFoto: Ardian Fanani

Bahkan rencananya, kata Moko, setelah event ini selesai, ia tertarik untuk kembali berkunjung dan explore wisata Banyuwangi.

"Banyuwangi ini sangat menarik dan komplit. Pantai punya, gunung punya, dari yang tropis hingga yang dingin ada semua. Bagi saya satu minggu tidak cukup untuk jelajah Banyuwangi, saya pasti akan kembali," ungkapnya.

Koordinator acara di Banyuwangi, Adi mengaku kopdar ini diinisiasi oleh komunitas CVI Jawa Timur. Namun acara tersebut diikuti oleh berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Jogja, Bali.

Selama di Banyuwangi, mereka telah mengunjungi De Djawatan, Kalibendo, TN. Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, dan berbagai destinasi lainnya.

"Acara iki sebenarnya kita gagas hanya 3 minggu. Namun animo anggota membludak. Ini sebenarnya acara khusus Jatim. Tapi ternyata ada juga yang dari Jakarta, Jogja dan Bali," tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y Bramuda menyambut baik adanya rombongan camper van yang berwisata di Banyuwangi. Pihaknya berharap protokol kesehatan tetap dilaksanakan dalam kegiatan berwisata di Banyuwangi.

"Tentu adanya rombongan camper van ini semakin menunjukkan bahwa Banyuwangi sehat. Tetap jaga protokol kesehatan," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Bram ini menambahkan, saat ini Banyuwangi sudah masuk ke level 2 PPKM. Meski begitu, kegiatan pariwisata sudah mulai dibuka.

"Masih sebagian yang buka. Belum semuanya. Tentu ini akan bertahap kita buka. Karena kesiapan destinasi wisata dengan penerapan protokol kesehatan belum merata. Perlahan tapi pasti akan ada pembukaan destinasi wisata setelah adanya pandemi ini," pungkasnya.

(iwd/iwd)