Kesaksian Kades-Warga soal Hujan Es Sebesar Biji Kelengkeng Terjang Madiun

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 23:44 WIB
hujan es terjadi di madiun disertai angin kencang
Hujan es terjadi di Madiun (Foto: Istimewa)
Madiun -

Hujan es disertai angin kencang menerjang selama 1,5 jam sekitar pukul 14.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Salah satunya terjadi di Desa Sumberbendo Kecamatan Saradan, Madiun.

"Betul ada es batu seperti tampak dalam video yang terekam di ponsel warga saya lihat tadi," ujar Kades Sumberbendo, Suprapto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (17/10/2021).

Suprapto menuturkan, butiran es yang jatuh bersama hujan sekitar sebesar biji kelengkeng. Warga yang belum pernah melihat fenomena hujan es mengabadikannya melalui ponsel.

"Saya dapat kiriman video hujan es dan warga saya kaget baru terjadi pertama ini," kata Suprapto.

Pantauan detikcom, video yang dikirim Kades Sumberbendo 00.27 menit dan 00.30 WIB tampak guyuran air hujan disertai butiran es sebesar biji kelengkeng. Terdengar suara warga yang heran dengan fenomena hujan es tersebut.

"Kilo akeh es. Ho o udan es, eh es batu, eh jumuken (Ini loh banyak es. Es batu ambilen) ini banyak es batu ini," ucap suara seseorang yang girang dan heran ada hujan es.

Sebelumnya, hujan es disertai angin kencang memporakporandakan 6 desa di 4 kecamatan hingga menyebabkan 5 orang terluka. 5 Warga yang luka yang bertempat tinggal di Desa Sumberbendo Kecamatan Saradan. Sementara 24 rumah warga rusak berat hingga ringan. Kerugian ditaksir hingga Rp 24 juta.

Hujan es dan angin kencang juga menyebabkan longsor di Desa Sumberbendo hingga menutup akses jalan penghubung desa.

(fat/fat)