Azan Jadi Sorotan Media Asing, NU Jatim Singgung Penerapan Kaidah Fiqh

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 21:24 WIB
Sejumlah masjid besar di Kota Pahlawan memutuskan tutup selama PPKM Darurat. Salah satunya yakni Masjid Al Akbar, Surabaya.
Foto: Amir Baihaqi/detikcom

"Iya Pastilah (Mengimbau). Itukan kaidah fiqh. Penerapannya sesuai daerah," tandas pria yang juga pengasuh Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang itu.

Sorotan mengenai suara azan di Jakarta ini sebelumnya diangkat oleh Agence France-Presse (AFP), agensi berita internasional yang berpusat di Paris, Prancis.

"Ketakwaan atau gangguan kebisingan? Indonesia mengatasi reaksi volume azan," demikian judul AFP, diunggah Kamis (14/10).

Salah satu narasumber AFP adalah muslimah berusia 31 tahun dengan nama samaran Rina, pengidap gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang tidak bisa tidur, mengalami mual untuk makan, dan takut untuk menyuarakan komplain soal suara azan dari masjid di dekat rumahnya.

AFP menuliskan azan dan masjid adalah dua hal yang dihormati di Indonesia, negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Mengkritik azan dan masjid bisa berujung pada tuduhan penistaan agama dengan ancaman 5 tahun penjaraan.


(fat/fat)