Keren, Siswa SMPN 40 Surabaya Borong 3 Medali Emas PON Papua

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 09:38 WIB
Siswa SMPN 40 Surabaya Borong 3 Medali Emas PON Papua
Pelajar SMPN 40 Surabaya borong 3 medali emas (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Gladies Lariesa Garina Haga Kore, pelajar kelas IX SMPN 40 Kota Surabaya telah mengharumkan nama sekolah, kota dan Jatim atas keberhasilannya memborong medali emas di PON XX Papua. Gladies berhasil meraih tiga medali emas dalam Cabor Lompat Indah.

Gladies berhasil meraih 1 medali emas dalam kategori 10 meter dari Menara Putri. Kemudian 1 medali emas dalam kategori Papan 3 Meter Putri, dan 1 medali emas dalam kategori Papan 1 Meter Putri.

Plt Kabid Sekolah Menengah (Sekmen) Dispendik Kota Surabaya, Tri Aji Nugroho mengatakan, bahwa pihaknya bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh Gladies. Ia berharap, semangat yang dimiliki Gladies bisa menjadi inspirasi bagi guru dan pelajar yang lainnya.

"Kami bangga dan Alhamdulillah, murid kami bisa memiliki prestasi yang luar biasa pada tingkat Nasional. Kami yakin, dia akan menjadi atlet profesional. Harapan ke depan Gladies bisa menginspirasi kami dan guru-guru yang ada di Kota Surabaya untuk bisa berprestasi," kata Aji saat dihubungi, Minggu (17/10/2021).

Meski PTM di Surabaya belum sepenuhnya digelar, Aji berpesan agar para pelajar tetap terus bersemangat untuk bisa memiliki kesempatan yang sama seperti Gladies. Saat ini Dispendik tengah fokus menyusun program terkait dengan Pengembangan Talenta Peserta Didik untuk mewadahi siswa di bidang olahraga hingga kesenian.

"Sudah disampaikan Bapak Kepala Dinas Pendidikan, bahwa kami akan melatih anak-anak yang ber IQ tinggi, yakni Free Extraordinary You dan program itu menjadi salah satu wadah dari program kami," ujarnya.

Sementara Kepala SMPN 40 Surabaya, Eko Widayani menceritakan, Gladies merupakan murid yang rajin dan bertanggung jawab dengan tugas-tugas sekolahnya. Sejak kelas VII, Gladies sudah dikenal sebagai murid yang fokus berlatih pada Cabang Olahraga Lompat Indah.

"Meskipun Gladies ini sibuk berlatih untuk mempersiapkan diri menuju pertandingan, dia tidak pernah lupa untuk berkoordinasi dengan guru mata pelajaran terkait yang juga didampingi oleh Wali Kelas. Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab Gladies pada mata pelajaran," kata Eko.

Sejak Gladies bersekolah di SMPN 40 Surabaya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan orang tua Gladies untuk mengembangkan bakat Lompat Indah. Hasilnya, Gladies mampu membawa pulang tiga medali emas sekaligus.

"Kita memberikan motivasi dalam pengembangan prestasi Gladies, akhirnya terjalin dengan sebuah Club. Alhamdulilah bisa mewakili Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya untuk mengikuti PON XX Papua pada Cabang Olahraga Lompat Indah. Semoga prestasi ini bisa ditiru oleh adik atau teman-temannya," pungkasnya.

(fat/fat)