Unik, Pohon Kelapa di Pacitan Bercabang 8

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 08:02 WIB
pohon kelapa bercabang 8 di pacitan
Pohoin kelapa bercabang 8 (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Lazimnya kelapa merupakan tanaman berbatang tunggal. Namun di Desa Ploso, Kecamatan Punung sebuah pohon kelapa memiliki banyak cabang. Keberadaan tanaman aneh itu pun menyisakan tanda tanya. Bagaimana kisahnya?

Dilihat pada bagian pangkal tak ada yang berbeda dari pohon kelapa milik Tukirin, warga Dusun Kepuh. Namun saat pandangan diarahkan ke atas barulah kejanggalan terlihat. Pohon kelapa itu memiliki 8 cabang.

"Ditanam adik saya sekitar tahun 1980," kata Tukirin kepada wartawan, Minggu (17/10/2021).

Saat masih berupa bibit, lanjut Tukirin, tanaman itu tampak normal. Yakni berupa buah yang masih tertutup sabut lengkap dengan daun dan akar. Pun selama pertumbuhan, kelapa jenis hijau itu tak ubahnya pohon di sekitarnya.

Namun seiring bertambahnya ketinggian pohon, muncul tunas yang menyembul pada beberapa titik. Tunas itu terus membesar hingga membentuk cabang baru. Hingga saat ini kelapa tersebut masih tumbuh. Daunnya cukup rindang. Bahkan tingginya mencapai 8 meter.

Saat batang kelapa setinggi 1,5 meter, pemilik sempat bermaksud memindahnya ke lokasi yang jauh dari kandang sapi. Hanya saja niat itu urung terlaksana. Pohon kelapa bercabang 8 itu pun terus tumbuh hingga akhirnya bercabang seperti saat ini.

"Terus dibiarkan ada di situ saja sampai sekarang ini wujudnya ya seperti itu," tambah Tukirin.

Pantauan detikcom, pohon kelapa tersebut tampak subur. Daunnya kehijauan menutupi buah yang menempel di pangkal dahan. Pada batang bagian tengah ada sejenis tumbuhan paku-pakuan yang menempel. Tukirin sendiri rutin membersihkannya dengan cara memanjat.

"Ya harus telaten. Baru beberapa bulan dibersihkan, (tumbuhan paku) sudah tumbuh lagi," ucapnya sembari menuruni pohon untuk membersihkan tanaman pengganggu.

Tonton juga Video: Perlindungan Pohon Jenderal Sherman di Taman Nasional di California

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)