Diklaim Pertama di Indonesia, Polresta Malang Kota Luncurkan Dispenser Masker

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 18:15 WIB
Polresta Malang Kota Luncurkan Dispenser Masker
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Di era digital saat ini, semua bisa dipermudah. Baik dalam komunikasi, pengurusan surat menyurat, layanan, hingga kebutuhan sehari-hari, serasa semua mudah dijangkau, teknologi akan terus berkembang mengikuti zaman dan kebutuhan penggunanya.

Seperti halnya dengan pelayanan, inovasi demi inovasi terus dimunculkan oleh Polresta Malang Kota. Kali ini, terobosan terbaru digagas Kapolresta AKBP Budi Hermanto yakni dispenser masker dan hand sanitizer.

Inovasi lahir atas kerjasama Polresta Malang Kota dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB). Dispenser masker adalah box yang berisikan masker dan hand sanitizer.

Dispenser ini mengusung teknologi 'no touch'. Cara kerjanya, tanpa sentuhan tangan, hanya dihadapkan telapak tangan ke tombol dispenser, maka masker akan keluar dengan sendirinya.

Begitu juga dengan hand sanitizer, masyarakat bisa menggunakan hand sanitizer tanpa memencet tombol dispensernya.

Ide ini berawal dari pemikiran AKBP Budi Hermanto yang melihat cara kerja vending machine. Dibantu mahasiswa Fakultas Teknik UB, Alfian Fitrayansyah dan tim akhirnya dispenser masker ini lahir memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi.

Dekan Fakultas Teknik UB, Hadi Suyono mengaku, pihaknya membuka diri untuk bersinergi dalam memunculkan sebuah inovasi, apalagi menyangkut kebutuhan masyarakat. Seperti ide awal pelayanan masker dan hand sanitizer gratis oleh Polresta Malang Kota.