Momen Maulid Nabi Bawa Rezeki Bagi Perajin Cobek di Kota Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 09:12 WIB
perajin cobek kota pasuruan
Sofah dan cobek buatannya (Foto: Muhajir Arifin)
Kota Pasuruan - Perajin cobek di Kelurahan Randusari, Gadingrejo, Kota Pasuruan mendapat banyak rejeki dari momen maulid Nabi Muhammad SAW. Banyak pembeli yang khusus memesan cobek untuk tasyakuran.

Salah satu perajin cobek, Sofah, (52), mengatakan pesanan cobek dari tanah liat ini mulai naik sejak tiga minggu menjelang peringatan maulid. Pemesannya datang dari Kota dan Kabupaten Pasuruan.

"Menjelang muludan (maulid nabi) pesanan selalu ramai. Sehari saya membuat 70-an cobek. Hari-hari biasa paling banyak buat 50, kadang nggak buat," kata Sofah di sela kesibukannya membuat cobek kepada detikcom, Rabu (13/10/2021).

perajin cobek kota pasuruanCobek buatan Sofah yang sudah dipesan (Foto: Muhajir Arifin)

Sofah mengungkapkan sebulan sebelum permintaan maulid nabi, ia sengaja memperbanyak produksi. Sofah mengaku kewalahan menerima pesanan setiap menjelang maulid.

"Mereka datang memesan. Ini sudah ada yang pesan semua. Masih kurang ini," ungkap Sofah sembari menunjuk ribuan cobek siap jual.

Perempuan yang sudah 30 tahun membuat cobek ini mengatakan cobek yang dipesan untuk peringatan maulid nabi berbeda dengan cobek biasa. Yakni memiliki motif ukir di pinggir dan bergambar.

Untuk harga cobek Rp 2.000 khusus eceran, dan Rp 1.700 untuk pengepul atau pemborong. "Khusus untuk maulid ini, saya sudah buat 2.000 cobek," pungkas Sofah. (iwd/iwd)