10 Atlet Unesa Boyong 9 Medali Emas di PON XX Papua, Optimis Salip Jabar

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 09:30 WIB
9 atlet Unesa memboyong 9 medali emas
Foto: Istimewa
Surabaya -

10 Atlet Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memboyong 9 medali emas di beberapa cabang olahraga (Cabor) PON XX Papua. Hingga 10 Oktober 2021, Jatim menduduki kedua dengan perolehan 192 medali. Rinciannya 72 emas, 62 perak dan 56 perunggu dan optimis menyalip Jabar.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Olahraga Unesa Dr Dwi Cahyo Kartiko SPd MKes yang turut serta monitoring atlet di Papua mengatakan emas pertama Kontingen Jatim disumbang atlet Unesa, yakni Nurul Fajar Fitriani nomor 200 meter gaya punggung putri dengan catatan 02 menit 19.78 detik. Baginya, emas pertama itu penting dalam memotivasi para tim dan memacu optimisme Jatim dalam meraih target menjadi juara umum pada PON XX ini.

"Selain medali emas, ada beberapa perak dan perunggu yang diraih para atlet Unesa dalam berbagai cabang olahraga. Beberapa di antaranya yaitu Ronaldo Ferda Garda, D-4 Vokasi Pendidikan Kepelatihan Olahraga raih perak cabang Senam. Kemudian Christina M. Claudia, Ilmu Komunikasi cabang angkat besi putri 64 kg dan Rizky Nur Fadilah dari Pendidikan Kesehatan, dan Rekreasi cabang Taekwondo menyabet perunggu," kata Dwi, Selasa (12/10/2021).

Ia pun optimis para atlet Unesa bisa menyumbang beberapa emas lagi dalam beberapa cabang olahraga unggulan selama bergulirnya PON XX. "Kita harap, para atlet dan pelatih di lokasi tetap semangat, baik dari UNESA maupun Jatim pada umumnya. Semoga hasilnya nanti sesuai target," harapnya.

Sementara Rektor Unesa Prof Nurhasan mengapresiasi atas kerja keras dan semangat para atlet serta pelatih Unesa. Sebab turut serta membela dan memperjuangkan Jatim agar bisa menjadi juara umum pada PON XX ini.

Baginya, meski klasemen sementara masih dipimpin oleh Jawa Barat disusul Jawa Timur di posisi kedua dan DKI Jakarta di posisi ketiga. Ia juga optimis masih banyak kesempatan untuk meraih posisi pertama.