Aksi Atlet Panjat Tebing Putri Asal Lamongan Bikin Jatim Tambah Medali

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 09:10 WIB
Atlet Lamongan Kembali Persembahkan Medali untuk Jatim
Dhorifatus Syafi'iyah Atlet panjat tebing (Foto: Istimewa)
Lamongan -

Atlet asal Lamongan kembali berhasil menambah perolehan medali untuk Jatim. Kali ini dari cabang olahraga panjat tebing putri berhasil menggondol medali perak dalam PON XX di Papua.

Atlet yang menorehkan waktu 34,59 detik di Bumi Cendrawasih ini adalah Dhorifatus Syafi'iyah. Aksi itu dilakukan bersama rekannya Adi Mulyono.

"Benar, ada tambahan medali dari panjat tebing. Raihan medali perak untuk Jatim dari atlet asal Lamongan," kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan Bambang Purnomo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (11/10/2021).

Bambang mengatakan Dhorifatus Syafi'iyah lulusan S1 Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unesa ini meraih capaian prestasi terbaik. "Kita patut berbangga atas raihan medali perak dari cabor panjat tebing ini," ujar Bambang.

Aksi wanita berusia 28 tahun tersebut sering mengikuti kejuaraan Internasional. Beberapa kejuaraan tersebut, rinci Bambang, di antaranya seperti kualifikasi speed putra dan putri di ajang Asian Championship 2019 serta pada Olimpiade Tokyo beberapa waktu lalu.

"Kita sudah main maksimal, apapun hasilnya, ini yang terbaik dan terimakasih kepada masyarakat Jatim atas dukungannya hingga memperoleh medali perak," tutur Bambang menirukan Dhorifatus Syafi'iyah usai mendapat medali.

Dia berharap apa yang diraih atlet tersebut bisa memotivasi pemuda dan pemudi Lamongan lainnya untuk lebih berprestasi. "Semoga ke depannya akan menambah motivasi para pemudi di Lamongan untuk dapat berprestasi di event lainnya," harapnya.

Saat ini, Provinsi Jawa Timur berada di peringkat kedua ajang PON XX Papua dengan total medali 182 terdiri dari 70 emas, 61 perak dan 55 perunggu.

(fat/fat)