Pasar Kalibaru Kebakaran, Bupati Banyuwangi Akan Relokasi 22 Pedagang

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 19:06 WIB
Pasar Kalibaru Wetan di Jalan Raya Banyuwangi-Jember kebakaran dini hari tadi. Ada 29 kios yang dilaporkan ludes terbakar.
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau pasar yang terbakar/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Pasar Kalibaru Wetan di Jalan Raya Banyuwangi-Jember kebakaran dini hari tadi. Ada 29 kios yang dilaporkan ludes terbakar.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani langsung meninjau pasar tersebut. Ipuk meminta para pedagang yang kiosnya terbakar segera direlokasi.

"Saya tadi sudah cek, sudah ke dalam pasar, dan diskusi dengan koordinator pasar dan perwakilan pedagang. Perbaikan pasar akan dilakukan tahun ini juga. Tadi saya sudah telepon dinas terkait. Diperkirakan pengerjaan perbaikan pasar yang terbakar butuh sekitar 1,5-2 bulan," kata Ipuk kepada detikcom, Minggu (10/10/2021).

"Karena itu para pedagang yang terdampak bisa segera direlokasi agar mereka tetap bisa berjualan. Tadi sudah saya cek. Pertama, bisa manfaatkan bedak yang kosong. Kedua, bisa manfaatkan lahan di sisi selatan yang kosong. Nanti ditata," tambah Ipuk.

Ipuk juga meminta dinas terkait mengevaluasi jaringan listrik, serta mendata seluruh kerusakan yang ada akibat kebakaran. Terdapat 22 pedagang dari 29 kios yang terdampak kebakaran. Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

"Menjadi evaluasi bersama terkait keamanan jaringan listrik" katanya.