Muncul Makam Misterius Diduga Kramat di Jalur Kawah Ijen Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 09:35 WIB
Banyuwangi - Warga Banyuwangi dikagetkan penemuan makam misterius di pinggir jalan jalur Pegunungan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen. Makam tersebut muncul setelah ada pembangunan perluasan jalan menuju destinasi wisata andalan Banyuwangi ini.

Makam ini terlihat di lokasi sisi kiri jalan dari arah Banyuwangi. Jarak dari jalan sekitar 5 meter. Lokasinya tepat sebelum aliran 'Banyu Linu'. Tampak terlihat jelas ketika kendaraan melintas di sekitar lokasi.

Makam misterius ini tampak baru dengan batu kijing dan batu nisan di atasnya. Dua batu nisan terbungkus kain berwarna putih yang biasa digunakan untuk kafan. Posisinya pun membujur dari arah selatan ke utara layaknya makam manusia.

Terdapat pagar dari bambu di sisi barat, selatan dan utara makam. Namun di sisi sebelah timur dibiarkan terbuka, sehingga tampak jelas oleh pengendara yang hendak menuju TWA Ijen.

Baca juga: Soal Rumah Dirusak Pria Misterius Berbaju Hitam, Polisi Sebut Ceritanya Lebay

"Kaget juga kok ada makam di sepanjang jalan ini. Padahal dulu tidak ada. Ini muncul setelah jalan dilebarkan," ujar Yahya, salah satu pengunjung TWA Kawah Ijen, saat melintas di jalan sekitar makam misterius itu, Sabtu (9/10/2021).

Munculnya makam ini terjadi setelah pembangunan infrastruktur di Banyuwangi akses menuju destinasi wisata. Namun, setelah dilakukan pelebaran jalan, muncul sebuah makam misterius itu.

"Saya hapal jalur ini. Kok tiba-tiba muncul," tambahnya.

Hingga kini, penampakan makam misterius di jalur menuju TWA Ijen itu masih menjadi misteri. Apakah makam itu benar makam manusia, atau hanya sebatas ornamen untuk mengingatkan pengendara agar berhati-hati saat berkendara. (fat/fat)