Minimalkan Risiko Usaha, Asuransi Lindungi UMKM Banyuwangi Disosialisasikan

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 13:51 WIB
Sosialisasi IFG sebagai penggerak perekonomian nasional
Sosialisasi IFG sebagai penggerak perekonomian nasional (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pemkab Banyuwangi mengapresiasi dukungan Indonesia Financial Grup (IFG) yang terus berkomitmen memberikan perlindungan terhadap petani, UMKM dan nelayan di Banyuwangi. Ini dilakukan untuk memberikan jaminan keselamatan hingga gagal dalam menjalankan bisnisnya.

IFG sendiri dibentuk pada tahun 2020 lalu. Holding ini dibentuk untuk ikut berperan dalam pembangunan nasional melalui pengembangan industri keuangan lengkap dan inovatif melalui layanan investasi, perasuransian dan penjaminan. Menggandeng anggota DPR RI dari PDIP Sonny T Danaparamita, mereka melakukan sosialisasi terhadap produk layanan yang diberikan kepada petani, UMKM dan nelayan di Banyuwangi, Jumat (8/10/2021) di hotel Tanjungasri, Banyuwangi.

"Holding IFG sebagai salah satu pilar penopang perekonomian di Indonesia harus terus disosialisakan pada masyarakat," ujar anggota Komisi VI DPR RI, Sonny T. Danaparamita kepada detikcom.

Dengan sosialisasi yang masif, diharapkan masyarakat bisa memahami produk asuransi dan penjaminan dari Pemerintah. Dengan hadirnya Holding IFG ini, kata Sonny, dapat memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat.

"Hadirnya Holding IFG diharapkan dapat memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat hingga kalangan para pelaku usaha mikro," tegasnya.

Kegiatan ini diikuti kalangan Akademisi, Pelaku UMKM, Pemuda Karang Taruna Desa, dan Organisasi Kemasyarakatan. Hadir pula para perwakilan dari IFG diantaranya SBM Jasindo Banyuwangi, Ngurah Khrisna Iswara; Pimpinan Cabang Jamkrindo Banyuwangi, Dadang Ary Aviyanto; Kepala Perwakilan Tingkat I Jasa Raharja, Darwin Parlindungan Sinaga dan Pimpinan Cabang Askrindo Jember, Muhammad Hasbi Gani.

Pimpinan Cabang Jamkrindo Banyuwangi, Dadang Ary Aviyanto mengatakan, Jamkrindo merupakan salah satu bagian dari Holding IFG yang menyediakan kredit bagi UMKM. Dengan adanya produk tersebut, diharapkan para pelaku UMKM dapat terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Selain memberikan jaminan kredit, Perum Jamkrindo juga berinovasi dengan melakukan pemeringkatan terhadap UMKM dan juga memberikan pendampingan kepada para UMKM.

"Sudah menjadi tanggung jawab dan fokus kami untuk memajukan UMKM dan koperasi," ujarnya.

Selain itu, beberapa perwakilan IFG juga memberikan penawaran tentang perlindungan dan jaminan bagi nelayan dan petani. Di antaranya produk asuransi yang disediakan pihaknya untuk menjamin usaha rakyat. Mulai dari asuransi umum, asuransi khusus hewan ternak, asuransi pertanian padi, hingga asuransi bagi nelayan. Ada pula perlindungan kepada masyarakat terkait transportasi.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah mengapresiasi langkah IFG dan anggota DPR RI Sonny T Danaparamita untuk memberikan sosialisasi terhadap Holding BUMN di Banyuwangi. Harapannya, kegiatan ini bisa memberikan pencerahan dan jaminan perlindungan terhadap kegiatan nelayan, petani dan UMKM di Banyuwangi.

"Tentu ini langkah baik bagi masyarakat nelayan petani dan UMKM. Kami harap masyarakat juga bisa memilih yang terbaik bagi usahanya. Pemkab mendorong kegiatan ini agar masyarakat bisa menikmati hasil tanpa memikirkan risiko dalam usaha," pungkasnya.

(iwd/iwd)