Puluhan Peserta Tak Hadir saat Ujian CPNS di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 16:16 WIB
Puluhan Peserta Tak Hadir saat Ujian CPNS di Trenggalek
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Puluhan peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN/CPNS) Trenggalek tidak hadir, hari pertama ujian yang digelar Tulungagung. Totalnya, 56 peserta.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek Eko Yuniati, mengatakan pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Hall Crown Victoria Tulungagung dibagi menjadi tiga sesi. Dalam setiap sesi seharusnya diisi oleh 200 peserta.

"Tapi yang hadir untuk sesi pertama 168 peserta, sesi kedua 186 peserta dan sesi ketiga ada 190 peserta. Sehingga hari pertama ujian ini yang tidak hadir ada 56 peserta," kata Eko Yuniati, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya para peserta yang tidak bisa hadir pada ujian ini maka dinyatakan gugur dalam tahap seleksi CASN. Pihaknya tidak akan memberikan kesempatan ujian ulang atau susulan.

"Tapi khusus bagi yang terkonfirmasi positif COVID-19, akan dijadwalkan ulang. Nanti akan kami laporkan ke BKN untuk di-rescedule," jelasnya.

Menurutnya, tahap seleksi ujian SKD dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dilakukan secara ketat dan menerapkan protokol kesehatan. Untuk bisa mengikuti ujian, seluruh peserta diwajibkan memakai alat pelindung diri dan dinyatakan negatif COVID-19.

Tak hanya itu, sebelum masuk ruang ujian, para peserta diwajibkan untuk melewati sejumlah pintu pengawasan, guna dilakukan pemeriksaan badan maupun identitas.