Capaian Vaksinasi Rendah, PPKM Kabupaten Pasuruan Naik ke Level 3

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 21:54 WIB
PPKM di Kabupaten Pasuruan naik dari level 2 ke level 3. Capaian vaksinasi yang rendah menjadi salah satu penyebabnya.
Vaksinasi COVID-19 di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - PPKM di Kabupaten Pasuruan naik dari level 2 ke level 3. Capaian vaksinasi yang rendah menjadi salah satu penyebabnya.

"Pemkab sangat prihatin ya. Karena vaksinasi sekarang menjadi salah satu tolak ukur PPKM. Kalau dulu enggak," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Anang mengatakan, capaian vaksinasi di Kabupaten Pasuruan memang masih rendah yakni 29 persen. "Dulu distribusi vaksin kecil. Misal sejak dulu pemkab diberikan vaksin besar ya capaian vaksinasi tinggi," terang Anang.

Dengan naiknya level PPKM, Pemkab Pasuruan akan melakukan berbagai upaya agar kembali turun level. "Tentu saja vaksinasi akan terus dilakukan. Saat ini tiap hari 15 ribu dosis vaksin kita berikan. Itu akan terus dilakukan selama ada stok vaksin," ungkap Anang.

Selain itu, tempat wisata akan ditutup lagi setelah sempat buka sebulan terakhir. Kemudian pembelajaran tatap muka akan dievaluasi.

"Operasi prokes ditingkatkan lagi. Memang tingkat ketaatan prokes kendor, 2 hingga 3 minggu terakhir masyarakat euforia," pungkasnya.

Untuk diketahui, kasus COVID-19 aktif di Kabupaten Pasuruan sebenarnya kecil. Per 5 Oktober 2021 hanya terdapat 22 kasus aktif. (sun/bdh)