Saat Khofifah Borong Noken Tas Tradisional Papua

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 16:31 WIB
Khofifah Borong Noken Papua untuk Oleh-oleh. Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu.
Gubernur Khofifah saat beli noken/Foto: Istimewa (Dok Pemprov Jatim)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri memborong sejumlah noken di sela kunjungannya ke Papua. Hal ini dilakukan Khofifah usai memberi semangat para atlet Jatim yang berlaga di PON XX.

Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Khofifah memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura.

Ada belasan noken yang diborong Khofifah. Rencananya, noken ini akan dibagikan ke sejumlah kawan yang memesan oleh-oleh.

"Teman-teman saya banyak mengetahui saya ada di Jayapura. Beberapa di antaranya ada yang minta dibawakan oleh-oleh khas Papua," ungkap Khofifah, Senin (10/4/2021).

Tak hanya noken, Khofifah juga memborong berbagai oleh-oleh khas Papua. Seperti pisang kepok merah, hingga sarang semut dan balsem pala khas Papua Barat. Balsem yang termasuk bahan kosmetik itu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Produk ini juga merupakan hasil kerja sama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat.

Menurut Khofifah, aksinya ini merupakan bagian dari upaya mendorong pemulihan perekonomian masyarakat, serta menyemangati mama-mama penjual di pasar yang terdampak Pandemi COVID-19. Khofifah mengatakan pandemi berdampak besar pada roda perekonomian masyarakat, terutama pelaku UMKM.

Di Pasar Mama-Mama Papua, Khofifah juga terlihat begitu menikmati suasana. Khofifah sempat bercengkrama dan mengajak para pedagang berbincang.