Ponorogo Jajaki Kerja Sama dengan Surabaya Soal Serapan Hasil Panen Petani

Charoline Pebrianti - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 11:46 WIB
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Ponorogo menjajaki kerja sama dengan Surabaya soal hasil pertanian. Hasil panen Ponorogo diharapkan bisa langsung diserap oleh Surabaya, terutama beras yang melimpah.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan Walikota Surabaya Eri Cahyadi beberapa waktu lalu soal kerja sama tersebut.

"Kami sedang menjajaki krja sama dengan Wali Kota Surabaya. Untuk mencoba kerjasama konkret kami punya surplus beras, sayur, empon, ayam, telur yang bisa dikirim ke Surabaya daripada beli dari luar Jatim," terang Giri kepada wartawan, Rabu (29/9/2021).

Giri menambahkan kerjasama ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Pasalnya, hasil pertanian Ponorogo yang surplus bisa diserap warga Surabaya. Apalagi produksi beras dan sayur Ponorogo saat ini melimpah.

"Maka dari pada beli dari luar Jatim maka niat konkret antar wali kota bupati tidak hanya adu gengsi namun juga bagaimana mencoba mendalami kerjasama yang indah saling menyerap produksi masing-masing," imbuh Giri.

Disinggung soal harga telur yang saat ini rendah, Giri bakal memanggil peternak, penyedia dan termasuk Dinsos Ponorogo untuk menindaklanjuti penyerapan telur di Ponorogo.

"Kalau surplus dan harga murah lebih baik diserap Ponorogo dulu. Misalnya untuk BPNT, jangan mengambil dari luar daerah hanya untuk kepentingan perut dan keuntungan," pungkas Giri.

(iwd/iwd)