Bisa! Ini Cara Cegah Gelombang Ketiga COVID-19 yang Diprediksi Desember 2021

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 10:45 WIB
Awas Gelombang 3 Covid di RI, Ini Wanti-wanti Pemerintah
Foto: Edi Wahyono/detikcom

Sementara itu, KPS Magister Manajemen Bencana Sekolah Pascasarjana Unair Dr Arief Hargono menambahkan prediksi adanya gelombang ketiga masih bisa diubah.

"Tadi ada beberapa hipotesis, ada prediksi adanya gelombang ketiga. Itu prediksi, dan InsyaAllah masih bisa kita ubah," kata Arief.

Caranya, membutuhkan peran serta seluruh elemen untuk tidak mengendorkan protokol kesehatan. "Untuk mengubah itu butuh Peran kita semua, baik itu masyarakat kemudian program kesehatan, pemerintah, swasta, kemudian media massa, akademisi semua bekerja sama untuk penanganan pandemi," papar Arief.

"Langkah yang memang paling bisa kita lakukan ya tadi melakukan prokes secara ketat, kita mematuhi peraturan yang ada dan kita tetap waspada bahwa virus ini masih ada. Kemungkinan gelombang ketiga memang masih ada tapi bisa kita cegah dengan kerja sama," lanjutnya.

Arief berharap masyarakat tetap tidak abai prokes dan melakukan euforia atas penurunan kasus yang terjadi akhir-akhir. Agar, gelombang ketiga yang diprediksi terjadi akhir 2021, tidak terjadi.

"Mudah-mudahan kita semua bisa mengambil hikmah dari pengalaman sebelumnya bagaimana virus terdeteksi pertama kali masuk ke Indonesia, bagaimana upaya kita untuk berjuang melawan pandemi ini," harapnya.


(hil/iwd)