Round-Up

Teror Beras Kuning di Tulungagung yang Berakhir Damai

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 09:05 WIB
Warga Perumanan Sobontoro Permai, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung mengamankan seorang pria yang diduga melakukan teror beras kuning. Beras kuning itu ditebar di depan rumah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Tulungagung.
Pelaku menyapu beras kuning yang telah ditebarkannya (Foto: Tangkapan Layar)
Tulungagung -

Seorang pria menebarkan beras kuning di depan rumah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim di Tulungagung. Video aksi teror beras kuning tersebut viral. Pria yang melakukan teror beras kuning itu akhirnya diamankan warga.

"Itu kejadiannya kemarin malam, yang tahu pelaku menebar beras kuning itu warga, yang mengamankan juga warga. Kemudian saya dihubungi," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim di Tulungagung Solikin saat dihubungi wartawan, Jumat (24/9/2021).

Solikin pula yang memvideokan aksi pelaku yang akhirnya viral. Warga sendiri marah dan berniat menghakimi pelaku. Namun Solikin justru kasihan dan mencegah tindakan warga. Solikin lebih memilih menyelesaikan persoalan itu secara kekeluargaan.

Pria itu akhirnya disuruh membersihkan beras kuning yang ia tebar. Ia harus membersihkan hingga tak ada sebutir pun beras kuning tersisa. Pria itu akhirnya menyapu halaman tempat ia menebar beras kuning.

Kepada Solikin, pelaku mengaku aksinya itu karena disuruh oleh seseorang. Pelaku mengaku ia akan diberi sepeda motor jika menebarkan beras kuning di rumah Solikin.

"Dia (pelaku) ngakunya orang Karangwaru. Katanya mau dikasih imbalan sepeda motor atau apa gitu (untuk menebar beras kuning)," jelas Solikin.

Kacabdin Pendidikan wilayah Tulungagung dan Trenggalek ini mengaku tidak pernah memiliki konflik dengan orang yang diduga menyuruh pelaku. Bahkan Ia juga tidak pernah berkomunikasi.

Terkait kejadian itu pihaknya tidak terlalu memikirkan hal klenik terhadap aksi pelaku tersebut. Solikin juga memilih tidak melapor peristiwa itu ke kepolisian.

"Saya sudah tidak mikir lagi, saya pasrah kepada Allah," tandas Solikin.

Simak juga Video: Dampak Flushing DAM Warga Tulungagung Terjun ke Sungai Berburu Ikan

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)