Pakar: Perseteruan Bupati Bojonegoro dan Wakilnya Harusnya Diselesaikan Internal

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 16:45 WIB
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dan wakilnya Budi Irawanto
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dan Wabup Budi Irawanto (Foto: Istimewa)
Bojonegoro -

Hubungan kepala daerah dan wakilnya di Bojonegoro tengah disorot. Apalagi setelah Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dilaporkan ke polisi terkait dugaan pencemaran nama baik. Pelapornya tak lain adalah Wakil Bupatinya sendiri Budi Irawanto.

Perseteruan itu diperkirakan terjadi selama 2 tahun. Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah diketahui diusung PKB, sedangkan Wakil Bupatinya Budi Irawanto, diusung PDIP.

Pakar Kebijakan Publik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Agus Sukristyanto mengimbau agar perseteruan itu cukup diselesaikan di internal saja. Sebab menurutnya perseteruan itu bersifat pribadi.

"Itu bukan persoalan yang penting lah. Ya bisa diselesaikan di internal. Kecuali itu menyangkut kinerja, performance, akuntabilitas apalagi kasus korupsi," papar Agus saat dihubungi detikcom, Kamis (23/9/2021).

Meski masalah sepele, lanjut Agus, hal itu akan berimbas ke harmonisasi di roda pemerintahan. Sedangkan untuk kebijakan publik menurutnya tidak akan memberikan dampak yang signifikan karena otoritas pengambil kebijakan tetap di tangan bupati.

Baca juga: Wabup Bojonegoro Adukan Bupati, Pengamat: Parpol Pengusung Bisa Jadi Mediator

"Ya ke harmonisasi saja. Memang memerlukan sebuah kekompakan. Terutama bupati, wakil bupati sebagai pihak eksekutif. Saya pikir ndak. Karena kedudukan wakil bupati itu, ya namanya wakil ya kalau didelegasikan wakil itu baru bisa jalan," kata Agus.

Dia menambahkan untuk kedudukan wabup hanya berfungsi jika ada pendelegasian saja. Kecuali ada komitmen dan pembagian tugas sejak awal.

"Jadi, kalau ndak ada penugasan ya otoritasnya (Kebijakan) tetap ada di bupati itu. Jadi tidak terlalu berpengaruh. Jadi selama dia (wabup) difungsikan, ditugaskan, diberi pekerjaan, dia jalan. Kalau nggak ada ya, gak jalan. Atau kecuali ada pembagian sejak awal," tandas Agus.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto melayangkan pengaduan ke polisi terkait dugaan pencemaran nama baik. Yang diadukan Wabup Budi adalah Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah.

Surat pengaduan itu ditandatangani Wawan, panggilan Budi, pada 9 September 2021. Di dalam surat pengaduan itu juga dilampirkan sejumlah alat bukti di antaranya adalah transkrip percakapan di sebuah grup WhatsApp.

Tonton juga Video: Keluarga Kartika Adukan Orang Tua Ayu Ting Ting ke Polres Bojonegoro

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)