Empat Daerah di Jatim Ini Percepat Vaksinasi Tuna Wisma

Enggran Eko Budianto, Adhar Muttaqin, Eko Sudjarwo, M Rofiq - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 15:59 WIB
vaksinasi covid-19 untuk tuna wisma
Foto: Adhar Muttaqin
Surabaya -

Program vaksinasi untuk masyarakat umum, tuna wisma dan lansia digalakkan. Kali ini digelar di empat daerah yakni Probolinggo, Mojokerto, Lamongan, Trenggalek.

Di Tulungagung, percepatan vaksinasi diharapkan bisa embantu menuju le level 2. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah mempercepat vaksinasi, guna mencapai level 2 atau bahkan level 1.

"Kalau mau level satu maka syaratnya vaksinasi harus 70 persen, sedangkan saat ini Tulungagung baru 40,2 persen. Makanya ini terus kami dorong," jelas Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, Kamis (23/9/2021).

Dalam percepatan vaksinasi, Polres Tulungagung juga akan menggerakkan seluruh potensi yang ada, termasuk memanfaatkan mobil Gaspol untuk melakukan vaksin secara jemput bola.

Di Probolinggo, 400 tuna wisma divaksinasi. Mereka didominasi bermukim di sekitaran TPA. Selain divaksinasi, mereka juga mendapat sembako.

vaksinasi covid-19 untuk tuna wismaVaksinasi covid-19 di Mojokerto/ Foto: Enggran Eko Budianto

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhamad Jauhari mengaku gencar melakukan giat vaksinasi dan bantuan sembako, ke masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Kita perintahkan seluruh jajaran, untuk gencar melakukan kegiatan vaksinasi, agar kekebalan dan kesehatan masyarakat terjaga. Selain itu membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19," tambahnya.

Kabupaten Mojokerto juga mendapat bantuan vaksinasi COVID-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Jatim. 7.500 Dosis vaksin disuntikkan ke pelajar usia 12-17 tahun, santri dan masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin dari puskesmas. Salah satunya digelar di SMK PGRI Sooko hari ini.

"Kita tahu pelajar sudah kangen dengan pembelajaran tatap muka, ini juga sebagai program pemerintah agar segera pembelajaran tatap muka walaupun terbatas," terang Kepala BIN Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar.

"Kita tahu pelajar sudah kangen dengan pembelajaran tatap muka, ini juga sebagai program pemerintah agar segera pembelajaran tatap muka walaupun terbatas," terang Kepala BIN Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar.

Sementara di Lamongan, untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi polisi bersinergi dengan semua pihak. Mereka juga mendapat tali asih.

"Ada 500 orang vaksinasi kepada pemulung dan tuna wisma, target harian vaksin 23.000 orang dan kita telah lakukan door to door dengan target 100 hari per desa," kata Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana.

(fat/fat)