Fenomena Equinox Terjadi Hari Ini, Apa Itu?

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 12:18 WIB
Equinox
Foto: Fenomena Equinox (BMKG)
Surabaya -

BMKG menyebut fenomena equinox tengah terjadi di Indonesia. Fenomena ini terjadi hanya dua kali dalam satu tahun.

Apa sebenarnya equinox? Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, equinox merupakan salah satu fenomena astronomi, di mana matahari melintasi garis khatulistiwa. Teguh menyebut, saat terjadi equinox, matahari dengan bumi memiliki jarak paling dekat.

"Konsekuensinya wilayah tropis sekitar ekuator akan mendapatkan penyinaran matahari maksimum," kata Teguh di Surabaya, Kamis (23/9/2021).

Teguh menambahkan, fenomena ini hanya berlangsung dua kali dalam setahun. Equinox terjadi pada 21 Maret lalu dan hari ini.

"Secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September," tambahnya.

Selain itu, Teguh mengatakan fenomena ini tak berdampak pada peningkatan suhu di wilayah Jatim. Teguh juga menyebut equinox tidak berpengaruh pada cuaca.

"Namun begitu, fenomena ini tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis maupun ekstrem. Sehingga secara umum fenomena equinox ini tidak terlalu berpengaruh terhadap cuaca di Jawa Timur," papar Teguh.

Kendati demikian, Teguh menyarankan masyarakat tetap update informasi terkini soal cuaca melalui BMKG. "Akan tetapi kami sarankan untuk tetap update informasi cuaca dan peringatan dini cuaca melalui kanal-kanal resmi kami," tutupnya.

Simak juga 'Peringatan BMKG: Beberapa Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)