Pj Kades yang Ditunjuk Bupati Probolinggo Mulai Diperiksa KPK

M Rofiq - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 21:55 WIB
kpk periksa pj kades di probolinggo
KPK periksa Pj kades yang ditunjuk Bupati Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Sejumlah Pj kepala desa (kades) di Kecamatan Paiton dan Kecamatan Krejengan mulai diperiksa KPK. Mereka diperiksa secara maraton mulai hari ini.

Ada 20 desa di Kecamatan Paiton dan 12 desa di Kecamatan Krejengan yang saat ini di jabat Pj kades. Para Pj kades itu merupakan orang-orang yang ditunjuk Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari atas petunjuk suaminya Hasan Aminudin. Mereka menjabat hingga pelaksanaan Pilkades tahap 2 yang akan digelar Februari 2022.

Pemeriksaan para Pj kades dilakukan KPK dengan meminjam tempat dan ruangan di ruang eksekutif dan ruang dinas Kapolres Probolinggo Kota.

Dari pengamatan detikcom, Rabu (22/9/2021), 3 mobil penyidik KPK terparkir di halaman Polres Probolinggo Kota. Mobil-mobil tersebut jenis warna, dan nopolnya sama seperti kemarin, saat pertugas KPK melakukan pemeriksaan ke Sekda, BKD, Kadis PMD, serta ajudan Hasan Aminudin. Petugas KPK yang masuk ke ruang pemeriksaan juga sama seperti petugas yang kemarin.

Para penyidik KPK yang berpakaian melakukan pemeriksaan di ruang eksekutif Polres Probolinggo Kota. Mereka memintai keterangan satu persatu para Pj kades. Dari salah satu ruang yang terlihat, para Pj tersebut berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan petugas KPK.

(iwd/iwd)