Unair Target Vaksin Merah Putih Diproduksi Maret 2022

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 18:56 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77
Surabaya -

Vaksin merah putih platform inactivated virus dari Universitas Airlangga (Unair) ditargetkan produksi Maret 2022. Bukan Juli 2022.

"Harapannya tidak sampai bulan Juli 2022," kata Ketua Peneliti Vaksin Merah-Putih di Unair, Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam saat dihubungi detikcom, Selasa (22/9/2021).

Sebelumnya PT Biotis Pharmaceutical Indonesia menyampaikan vaksin Merah Putih diproduksi pada Juli 2022. Namun sebenarnya target dari Unair produksi dilakukan Maret 2020.

"Target kita sebenarnya Maret 2022," tegasnya.

Baca juga: 41 Hewan Makaka yang Diuji Vaksin Merah Putih Mulai Usia Anak hingga Dewasa

Sementara pada Oktober 2021 minggu ke-4 Oktober, Unair mulai melakukan uji klinis kepada manusia. Untuk koresponden uji klinis, tegas dia, akan dilakukan di RSU dr Soetomo. Sebab volunteer vaksinasi Merah Putih dari RSU dr Soetomo.

"Tim RSU dr Soetomo yang mendesain. Jadi yang mencari volunteer, teman dari tim di RSU dr Soetomo," tambahnya.

Sebelum dilakukan uji klinis pada manusia, uji preklinik fase 2 hewan besar Makaka untuk vaksin merah putih dilakukan. Dan sebanyak 41 makaka itu dilakukan pengelompokan-pengelompokan. Yakni makaka anakan, hamil, remaja dan dewasa.

"Sekitar 28 makaka yang kita uji tantang (Diberi virus). Tapi masih ada lagi, yang hamil dan lain-lain belum selesai. 41 Total makaka yang diuji. Ada yang pada anak, hamil, ada yang remaja dan dewasa. Kita perlu juga model komorbid, yang terinfeksi penyakit. Makaka secara alami, kemudian ada anak, ada yang jantan betina remaja dan dewasa," pungkasnya.

(fat/fat)