Dijanjikan Dipindah ke Negara Ketiga, WN Afghanistan Lelah Tunggu Kepastian

Suparno - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 16:12 WIB
wn afghanistan longmarch tuntut dipindah ke negara ketiga
WN Afghanistan long march di sekitar rusunawa (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Tak kunjung mendapat perhatian, ratusan WN Afghanistan long march di sekitar Rusunawa Puspa Agro Sidoarjo. Mereka keliling kompleks dengan membentangkan poster.

Salah satu banner yang dibentangkan berisi: "Parliament Of Indonesia! Plase Take Deginison For The Future Of Refugees" "Tolong Ambil Tindakan Untuk Masa Depan Pengungsi". Mereka juga menuntut agar segera dipindahkan negara ketiga. Seperti Australia, AS dan lain-lain.

Dari pantauan detikcom, sebelum melakukan long march mereka berkumpul di halaman depan rusunawa sejak pukul 13.10 WIB. Kemudian mereka long march di sekitar komplek rusunawa.

Salah satu peserta aksi, Kalilulho Sultani (26) mengaku lelah menunggu keputusan dari perwakilan UNHCR di Indonesia.

"Kami sudah 9 tahun sampai sekarang belum ada keputusan. Kami merasa lelah dan kecewa dengan perwakilan UNHCR," kata Kalilulho usai melalui aksi damai di rusunawa, Selasa (22/9/2021).

Kalilulho menjelaskan perwakilan UNHCR di Indonesia ini sejak awal memberi penjelasan jika pengungsi yang ada saat ini sifatnya hanya sementara.

"Tapi kenyataannya kami sampai bosan tinggal di rusunawa ini. Kami berharap pemerintah Indonesia untuk membantu mengirim ke negara ketiga," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Muhammad Hadi. Dia capek menunggu keputusan pihak UNHCR. Pihak UNHCR akan membantu mengirim teman-teman pengungsi ini ke negara ketiga.

"Tapi kenyataan sampai saat ini belum ada kejelasan. Kami sangat kecewa, benar-benar kecewa. Kami lelah menunggu," tandas Hadi.

Lihat juga video 'Taliban Bakal Isi Kabinet Pemerintahan dengan Perempuan':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)