Harga Telur Ayam Anjlok, Begini Cara Relawan Lamongan Bantu Peternak

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 14:49 WIB
Rendahnya harga telur ayam membuat peternak ayam petelur merugi. Relawan di Lamongan membantu peternak dengan membeli telur ayam tersebut.
Relawan di Lamongan membagikan telur ayam/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Rendahnya harga telur ayam membuat peternak ayam petelur merugi. Relawan di Lamongan membantu peternak dengan membeli telur ayam tersebut.

Setelah itu, telur ayam tersebut dibagikan kepada warga yang kurang mampu dan tukang becak. "Saat ini kondisi peternak ayam petelur di Lamongan mengeluh karena mengalami kerugian yang besar, karena harga telur yang terus mengalami penurunan," kata salah satu relawan peternak ayam Lamongan Chilyatul Wafiroh kepada wartawan, di sela-sela aksi bagi-bagi telur ke warga, Senin (20/9/2021).

Chilyatul yang akrab disapa Mbak I'il mengaku, apa yang dilakukan mereka sebagai bentuk solidaritas terhadap peternak ayam yang tengah merugi. Peternak mengalami kerugian karena harga pakan dan harga telur tidak sebanding.

Dengan membawa ratusan paket telur, para relawan ini terjun langsung ke rumah warga dan tukang becak yang ada di Lamongan. "Harga pakan terus mengalami kenaikan, tapi harga telur ayam malah terus menurun," terangnya.

Para relawan ini juga membagikan paket telur ke pedagang kaki lima di Lamongan kota. Harga telur di pasaran saat ini, kata Mbak I'il, sekitar Rp 17 ribu per kilogram.