Digeruduk Emak-emak Peternak Blitar, Suroto Sungkan Tanya Stafsus Jokowi

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 17:18 WIB
Rumah Suroto digeruduk Emak-emak Peternak Blitar
Suroto digeruduk emak-emak peternak Blitar (Foto: Istimewa)
Blitar -

Suroto digeruduk emak-emak peternak ayam layer yang menagih janji Presiden Jokowi. Namun Suroto mengaku sungkan menanyakan hal itu ke staf presiden.

Bagi peternak warga Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, ini diundang ke Istana Kepresidenan adalah suatu kehormatan. Apalagi, Suroto hanyalah peternak kecil yang selama ini tidak pernah berhubungan dengan birokrasi pemerintahan.

"Saya hanya wong cilik mbak. Saya terharu banget, bangga, bahagia. Emosi yang selama ini meledak-ledak karena orang-orang Pak Jokowi ndak bisa kasi solusi itu, begitu ketemu Pak Jokowi langsung hilang," kata Suroto kepada detikcom saat dikonfirmasi, Sabtu (18/9/2021).

Bersama 15 perwakilan peternak di Jatim dan Jateng, Suroto menilai permasalahan jagung dan peternak layer bukanlah masalah sepele. Karena dari masukan para perwakilan, masalah pakan ternak ternyata sangat komplek.

"Pada Mentan dan Mendag, Presiden Jokowi menginstruksikan menyediakan harga jagung di kisaran Rp 4.500/kg. Kedua kementerian itu menyatakan siap," ungkapnya.

Rapat koordinasi ini berlangsung pada Rabu (15/9/2021). Dalam rapat dijanjikan bahwa pemerintah menyiapkan sebanyak 30.000 ton untuk peternak layer. Dan negara menyiapkan dana subsidi sebanyak 45 miliar untuk menyiapkan harga jagung di kisaran Rp 4.500/kg.

Namun sampai hari ini, harga jagung di pasaran masih di atas Rp 6.000/kg. Padahal, harga telur dari kandang masih di kisaran Rp 13.500/kg. Suroto menyatakan, kawan-kawan peternak melihat langsung pemberitaan di berbagai media yang menginformasikan jika stok jagung sudah didistribusikan ke berbagai daerah. Namun para peternak Blitar belum menerimanya.

"Staf khusus presiden sudah meminta nomor HP saya untuk memantau. Mungkin jika beliau ingin tahu akan langsung menelpon saya. Tapi saya sungkan kalau mau menanyakan lagi, kapan ini jagungnya sampai ke sini," akunya.

Bagi Suroto, dirinya yang hanya peternak kecil yang sangat percaya janji Presiden Jokowi. Ingin ketemu langsung presiden bisa kesampaian.

"Jenenge wong cilik dijanjeni (Namanya orang kecil diberi janji) seperti itu pasti akan ditepati. Saya yakin akan ditepati," pungkasnya.

Lihat Video: Jokowi Temui Peternak Blitar Suroto, PD: Bentuk Penyesalan Istana!

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)