ITS Kembangkan i-Car 5G Mobil Tanpa Sopir Pertama di Indonesia

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 20:23 WIB
sandiaga uno hadiri Mobil Tanpa Sopir Pertama di Indonesia
Mobil tanpa sopir di ITS (Foto: Esti Widiyana/detikcom)

i-Car 5G tahun ini ditargetkan untuk mahasiswa, agar jika ke kampus tidak lagi jalan kaki. Mahasiswa bisa panggil i-Car, dijemput lalu diantar ke departemen masing-masing.

"Saat di departemen dia diem menunggu orang yang mau balik ke gate nanti diantar balik, i-Car mobil tanpa awak. Tapi di Indonesia catatan juga. Di Indonesia dan di dunia walaupun tanpa awak, tapi tetap ada kemudi. Kalau suatu saat mesin hang orang bisa pegang setir. Dan ini pertama di Indonesia," urainya.

Selain i-Car ITS 5G Autonomous, juga meresmikan ITS 5G Experience Center yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan inovasin dan riset.

President Director and CEO of Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, sangat bersyukur dan bangga meluncurkan layanan Indosat 5G di Surabaya sejalan dengan komitmennya untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia. Teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah.

sandiaga uno hadiri Mobil Tanpa Sopir Pertama di IndonesiaSandiaga Uno hadiri launching mobil tanpa sopir/ Foto: Esti Widiyana

"Sebagai hasil kolaborasi kami dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia, kami hadirkan 5G Experience Center yang canggih untuk melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, Indosat Ooredoo terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G," kata Ahmad Al-Neama.

Sementara President Director Nokia Indonesia, KP Goh mengatakan, layanan 5G akan memunculkan berbagai use case unik yang menawarkan potensi untuk merevolusi industri, layanan publik, dunia mode, dan sektor kesehatan di Surabaya.

"Selain itu juga emenuhi pertumbuhan permintaan konten digital dan layanan hiburan melalui jaringan seluler. Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat Ooredoo, ITS, Universitas Oulu Finlandia, dan Kota Surabaya untuk mewujudkan kekuatan transformatif," pungkasnya.


(fat/fat)