Wanti-wanti Sandiaga Wisata Dibuka Bertahap Agar Tak Kecolongan COVID Varian Baru

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 18:40 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

PPKM diperpanjang membuat tempat wisata bersiap kembali dibuka. Pembukaan tempat wisata dilakukan bertahap. Dan masyarakat harus mengikuti syarat vaksinasi dan mendownload aplikasi PeduliLindungi.

"Jutsru pemilihan yang berkelanjutan, bertahap dan meningkat itu lebih baik, daripada pemulihan cepat (justru) terpicu penularan kasus COVID-19 yang baru. Sehingga kita harus melakukan kembali pengetatan," kata Menparekraf Sandiaga Uno usai melantik pengurus Gekraf Jatim di Rustic Center Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Sandiaga mengatakan, persyaratan-persyaratan tersebut harus dilakukan, untuk menjaga kondisi penyebaran COVID-19. Ia mengapresiasi Pemprov Jatim dan seluruh pihak yang berhasil menekan angka penyebaran COVID-19.

"Kita apresiasi kerja keras seluruh pihak di Jatim. Sehingga Jatim bisa terus mengendalikan PPKM ke level yang kondusif. Jangan euforia, tetap prokes diterapkan disiplin, kita aplikasikan peduli lindungi sebagai standar baru penyelenggaraan semua kegiatan. Semua harus menerapkan prokes, vaksinasi ditingkatkan, diperluas, dan aplikasi peduli lindungi harus diterapkan," ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke beberapa daerah Jatim dalam 4 hari ke depan, Sandiaga juga akan mengecek prokes dan kesiapan tempat wisata menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Ia juga akan membangun kembali program work from destination.

"Lah ini dengan seiring PPKM levelnya terus membaik, kita berhati-hati, bertahap mulai reinisiasi work from destination. Hari ini tour di Jatim selama 4 hari, saya akan cek kesiapan tempat wisata di Probolinggo, Mojokerto, Lumajamg, Banyuwangi untuk destinasi-destinasi. Nanti akan saya laporkan Swnin pada saat rapat evaluasi PPKM," katanya.