Round-Up

Peternak Blitar Suroto Diundang Jokowi Usai Aksi Nekat Bentangkan Poster

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 07:16 WIB
Surabaya -

Sosoknya pendiam dan dikenal pekerja keras. Namun siapa sangka di balik itu semua, Suroto (50) berbuat nekat dengan membentangkan poster saat Presiden Jokowi kunker ke Blitar.

Poster itu berisi: "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar Telur Murah". Atas aksi demo solonya itu, warga Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan itu diamankan. Meski sempat diamankan beberapa jam dan akhirnya dilepas, aksi Suroto akhirnya viral dan ramai jadi pemberitaan.

Bagi para peternak, Suroto dianggap pahlawan. Karena kenekatannya berhasil menyuarakan nasib peternak ayam petelur di ujung kebangkrutan. Peternak mengeluhkan harga jagung makin mahal di harga Rp 6.500/kg. Sementara harga telur anjlok di kisaran Rp 13.700/kg. Dengan harga jagung sebagai bahan utama pakan ayam dibatas Rp 5.000/kg, peternak bisa menutup biaya operasional jika harga telur di kisaran Rp 18.000/kg.

Kondisi kepepet inilah yang membuat sosok pendiam seperti Suroto berani bertindak nekat. Dia membentangkan kertas karton sebagai penyaluran aspirasi dan keluhan peternak Blitar yang ingin disampaikan langsung ke pemimpin di negeri ini.

Dan kedatangan Presiden Jokowi ke Blitar menjadi momentum para peternak untuk mengadukan nasibnya. Namun harapan mereka untuk bisa bertemu dan menyampaikan keluh kesah ke Jokowi seperti hal yang mustahil dilakukan. Apalagi, para peternak Blitar sangat menyadari, protokol keamanan akan diterapkan sepanjang jalur yang dilalui rombongan Presiden RI.

Aksi Suroto menbentangkan tulisan saat mobil Jokowi melintas keluar PIPP pada awalnya berlangsung aman. Usai mobil Jokowi melintas, tiba-tiba seorang koordinator tukang becak PIPP berteriak mengundang perhatian aparat kepolisian.

Seorang polisi kemudian merebut kertas itu. Meremas-remasnya dan kemudian Suroto diamankan menjauh dari kerumunan. Sedangkan satu peternak lain yang mendampinginya di lokasi kejadian, berusaha menjauh pergi untuk menginformasikan jika Suroso ditangkap polisi.