Kota Surabaya Belum Bisa Pastikan Kapan Bioskop Buka Lagi

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 20:40 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak memimpin rakor evaluasi PPKM Darurat secara virtual. Emil meminta bed rumah sakit dikonversi 40 persen.
Wagub Jatim (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Pusat perbelanjaan/mal di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya sudah beroperasi kembali sejak 10 Agustus 2021. Namun hingga kini, belum ada kepastian kapan bioskop buka.

"Kita tunggu Inmendagri. Memang tidak menyebut secara spesifik apakah daerah yang masuk PPKM level 2 atau 3 boleh atau tidak membuka bioskop. Ini yang kita tunggu, artinya semua disesuaikan dengan Inmendagri, meski setiap hari ada update asasmen level dari Kemenkes RI, tapi ketentuannya tetap berpacu pada Inmendagri," ujar Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jatim kepada detikcom, Senin (13/9/2021).

Emil meminta, seluruh pihak khususnya pengelola mal dan bioskop untuk menunggu 'lampu hijau' dari pemerintah pusat.

Sementara Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur Sutandi Purnomosidi mengatakan, belum ada tanda-tanda bioskop buka dalam waktu dekat, meski sebelumnya ada isu akan buka lagi 14 September besok.

"Belum ada pengumuman sama sekali, baik dari Pemkot atau pemerintah pusat terkait rencana pembukaan bioskop," kata Sutandi.

Menurut Sutandi, pihak pengelola bioskop di Jatim khususnya di Surabaya belum mengajukan permohonan izin operasional. Hal ini masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

"Kita mau koordinasi sama Pemkot Surabaya, jawabannya kan kebijakan pusat. Padahal, di Jakarta, Semarang sudah ada yang diperbolehkan," ungkapnya.

Direktur Marketing Pakuwon Group ini menambahkan, pembukaan bioskop akan memberi angin segara terhadap recovery perekonomian di mal.

"Kalau rekreasi hiburan umum (RHU) buka lagi, tentunya ini memberi angin segar. Khusus bioskop, ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Harapan kita ke pemerintah, segera diizinkan bioskop, RHU, tentunya juga anak-anak kecil boleh masuk mal lagi," tandasnya.

(fat/fat)