Ini Rentetan Mamalia Laut yang Terdampar di Perairan Jawa Timur

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 11:49 WIB
Paus Terdampar di Laut Tuban
Paus terdampar di Perairan Tuban (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Perairan Jawa Timur akhir-akhir ini sering ditemukan kasus terdamparnya hewan mamalia laut atau megafauna laut. Bahkan tak jarang hewan-hewan tersebut mati dan bangkainya juga turut terbawa arus.

Dirangkum detikcom, Jumat (10/9/2021) rentetan paus, hiu tutul hingga lumba-lumba yang terdampar di perairan Jawa Timur.

1. Paus Sepanjang 15 Meter Terdampar di Perairan Tuban
Seekor paus berukuran besar terdampar di sekitar perairan pantai utara Tuban. Warga pun antusias melihat ikan bertubuh besar itu dari dekat menggunakan perahu. Paus itu terdampar sekitar 500 meter dari bibir pantai di wilayah Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Sabtu (3/4/2021).

Paus terdampar diketahui oleh para nelayan, saat akan menepi menyandarkan perahu setelah selesai melaut. Warga dan nelayan yang mengetahui adanya ikan besar dan tidak bisa bergerak, langsung menghampiri dan mendekati paus sepanjang sekitar 15 meter itu.

"Ada ramai-ramai saya kira nelayan sudah pulang semua. Ternyata warga melihat paus yang terdampar," kata Wasri (43), warga Karangsari kepada detikcom.

Setelah hampir 30 menit terdampar di pinggir laut yang kondisi airnya pasang, para nelayan Tuban langsung berusaha melakukan evakuasi paus ke tengah laut. Dengan cara ditarik beramai-ramai oleh para nelayan untuk dibawa ke tengah laut.

Puluhan paus terdampar di pesisir Pantai Desa Patreman, Modung, Bangkalan, Madura. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turun langsung mengecek paus yang terdampar tersebut.49 paus terdampar di Pantai Desa Patreman, Bangkalan, Madura/ Foto: Faiq Azmi

2. 49 Paus Pilot terdampar di pantai Desa Patereman, Modung, Bangkalan, Madura

Puluhan paus pilot (Globicephala macrorhynchus) terdampar di Pantai Modung, Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Panjang tubuh paus pilot terdampar antara 2-3,5 meter. Paus yang paling besar berjenis kelamin betina sepanjang 3,5 meter. Mamalia laut itu sempat dihalau warga ke tengah laut, namun kembali lagi terdampar.

"Terdamparnya sebenarnya kemarin, Kamis (18/2) pukul 10.00 WIB. Ada 49 yang terdampar," ujar Kapolsek Modung AKP Suwaji kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Warga berhasil menghalau paus tersebut ke tengah laut. Namun sekitar magrib, puluhan paus terdampar dilaporkan kembali terdampar. Kali ini tak mencapai 100 tetapi puluhan. Paus tersebut terdampar sekitar 1 km dari lokasi terdampar sebelumnya.

3. Seekor Orca Ditemukan Mati di Pantai Bangsring Banyuwangi
Nelayan Pantai Bangsring menemukan bangkai orca Sabtu (3/4/2021). Temuan predator laut berukuran lebih dari tiga meter ini membuat kaget warga sekitar. Sebab, baru kali ini orca yang memiliki corak warna hitam dan putih di tubuhnya ini ditemukan terdampar di perairan selat Bali.

Seekor paus pembunuh, orca ditemukan mati terdampar di Perairan Pantai Bangsring, Banyuwangi. Temuan ini langsung dilaporkan ke Satpolairud Polresta Banyuwangi.

Simak juga video 'Penampakan Hiu Tutul Menepi ke Perairan Pantai Paciran':

[Gambas:Video 20detik]