Pembukaan Pendakian Arjuno-Welirang Ditunda Karena Harus Pakai PeduliLindungi

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 16:27 WIB
Rencana pembukaan jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditunda. Penundaan dilakukan karena ada perbaikan sistem registrasi online.
Gunung Arjuno-Welirang/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Rencana pembukaan jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditunda. Penundaan dilakukan karena ada perbaikan sistem registrasi online.

"Kami masih melakukan perbaikan sistem registrasi online karena harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kami sudah menyampaikan permohonan. Setelah ada jawaban, kita dapat barcode, baru kita cetak dan baru bisa registrasi," kata Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, Kamis (9/9/2021).

Wahyudi mengatakan, pihaknya sebelumnya berencana membuka pendakian Gunung Arjuno-Welirang khusus di dua pintu Pasuruan, Tretes dan Tambaksari, pada 11 September 2021. Rencana pembukaan pintu Pasuruan dilakukan karena berada di level 2 PPKM.

"Karena kami belum siap menggunakan aplikasi PeduliLindungi, ya kita tunda dulu sampai ada pengumuman lagi," terang Wahyudi.

Wahyudi menegaskan, pihaknya tidak mau mengambil risiko memaksa pembukaan jalur pendakian. Kata dia, jalur pendakian akan dibuka dengan sarat ketat sesuai aturan pemerintah.

"Kita nggak mau muncul klaster pendakian. Kita akan mematuhi semua aturan, termasuk pintu mana yang dibuka harus sesuai level PPKM di setiap daerah," pungkasnya.

(sun/bdh)