Dampak Pandemi: 3 Wisata di Madiun Tutup, Hotel di Sarangan Telat Bayar Listrik

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 14:40 WIB
Hotel di Telaga Sarangan
Hotel di Telaga Sarangan (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Selama pandemi COVID-19, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madiun mencatat ada ribuan pelanggan terdampak. Bahkan ada obyek wisata yang tutup karena tingginya biaya operasional PLN.

"Semuanya terdampak. Dan ada yang berhenti menjadi pelanggan karena usaha wisatanya tutup," ujar Manajer Pemasaran PLN UP3 Madiun Indra Sujatmika saat dikonfirmasi, detikcom Kamis (9/9/2021).

Indra mengatakan ada tiga obyek wisata di Madiun yang dilakukan pemutusan listrik. Ketiga obyek wisata yang dilakukan pemutusan PLN karena tempat wisata itu merugi karena pandemi dan lebih memilih tutup.

Selain obyek wisata, Indra menyebut ada sebuah industri plastik yang juga diputus listriknya karena merugi akibat pandemi. Tambahan lagi ada lima peternakan ayam yang juga tutup dan memutus listriknya.

"Bukan hanya karena terdampak PPKM saja, namun juga sejak adanya pandemi. Selain wahana wisata, ada juga ada lima kandang peternakan ayam yang tidak produksi lagi," papar Indra.

Indra menjelaskan meski tak sampai diputus, namun sejumlah hotel di kawasan wisata Telaga Sarangan Magetan mengalami keterlambatan pembayaran. Pemilik hotel memberitahukan akan tetap membayar meski terlambat.

"Kalau hotel ada juga (terlambat bayar tagihan) tapi masih bisa tuntas pembayarannya," tandasnya.

Lihat juga video 'Destinasi Baru! Wisata Hutan Hujan Ini Hanya 1 Jam dari Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)