Banyuwangi PPKM Level 2 dan Zona Kuning, Warga Diimbau Tak Lengah

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 10:57 WIB
Saat ini Banyuwangi zona kuning COVID-19 dan menerapkan PPKM level 2. Satgas COVID-19 setempat menyebut itu sebagai buah dari kerja keras seluruh pihak.
Operasi yustisi hingga sosialisasi protokol kesehatan di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Saat ini Banyuwangi zona kuning COVID-19 dan menerapkan PPKM level 2. Satgas COVID-19 setempat menyebut itu buah dari kerja keras banyak pihak.

Pemkab, TNI-Polri hingga relawan bahu membahu menurunkan angka penyebaran hingga angka kematian karena kasus COVID-19. Salah satunya yang terjun langsung adalah Batalyon Kavaleri 3 (Yonkav 3) Malang yang mengerahkan 30 personel.

"Level 2 PPKM dan zona kuning ini kinerja seluruh stakeholder di Banyuwangi. Memang kita mendapatkan bantuan pasukan dari TNI AD. Cukup efektif dalam penanganan COVID-19. Saat ini masih ada di Banyuwangi. Kami minta jangan ditarik dulu. Karena mereka masih akan membantu kegiatan di Banyuwangi," ujar Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto kepada detikcom, Kamis (9/9/2021).

Mereka bekerja membaur dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Satgas COVID-19 kecamatan hingga desa dan relawan. Tugas mereka pun melakukan operasi yustisi hingga sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan bahaya COVID-19 dan taat protokol kesehatan.

"Kita melakukan pendekatan kepada masyarakat yang belum mengerti akan bahaya virus COVID-19. Mereka memberikan sosialisasi kepada masyarakat pelosok bahkan masyarakat desa yang kurang akan informasi," tambahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Dandim 0825 Banyuwangi ini menambahkan, pihaknya juga sangat mengapresiasi kinerja perangkat kecamatan, desa hingga RT/RW yang tak kenal lelah melakukan kegiatan penanganan sesuai dengan instruksi pemerintah.

"Mereka ujung tombak kami. Jika tak ada mereka pasti kita akan kelabakan," pungkasnya.