Gebrakan Usai OTT Bupati Probolinggo: Ratusan ASN Dilantik Jadi Pj Kades-Camat

M Rofiq - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 19:00 WIB
Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko
Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko akan melantik penjabat sementara kades dan camat. Sebanyak 252 pj kades dan 2 pj camat akan dilantik di Pendopo Kabupateng Probolinggo, Jalan Ahmad Yani, Kamis (9/9/2021).

2 Camat yang digantikan pj ini terlibat suap jual beli jabatan kades dan ditahan di KPK. Dua jabatan camat digantikan yakni di Kecamatan Krejengan dan Kecamatan Paiton. Sedangkan 252 desa yang belum memiliki kepala desa resmi diisi pj lantaran sudah pensiun.

"Sudah kita pilih para ASN Pemkab Probolinggo, yang mampu untuk menjadi Pj Kades di 252 desa dan 2 Pj camat. Besok semuanya akan kita lantik di pendopo bupati," ujarnya kepada wartawan di Pendopo Bupati Probolinggo, Rabu (8/9/2021).

Mereka, jelas Timbul, akan mengisi kursi kosong kepala desa hingga gelaran pilkades tahap 2 Februari tahun 2022.

Baca juga: Jabatan 252 Kades-5 Camat di Probolinggo Kosong, Bagaimana Pelayanan Warga?

"Pesan kami ke 252 Pj kades yang ditunjuk dan terpilih, agar menjalankan tugas yang baik ke masyarakat, dengan bersih dan transparan serta kerja cepat. Jangan melakukan pungutan liar, dan selalu terapkan protokol kesehatan saat melakukan tugas di roda pemerintahan desa," tegasnya.

Sebelumnya Gubernur Khofifah Indar Parawansa berpesan untuk berlari kencang saat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (31/8/2021). Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan dirinya juga berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

"Tentunya kita laksanakan tugas dan fungsi. Saya sampaikan ke pak sekda dan jajaran untuk menjalankan tugas di pemerintahan ini dan melayani masyarakat," ungkap Timbul.

"(Pesan gubernur) Kami harus lari kencang karena ada beberapa agenda yang harus kami tuntaskan. Untuk agenda selanjutnya ini saya harus konsolidasi dulu dan koordinasi dengan teman-teman," pungkasnya.

(fat/fat)