Pakar Unair Minta Masyarakat Waspadai COVID-19 Varian Baru MU

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 18:08 WIB
Covid-19 Varian Mu Jangan Sampai Masuk RI! Ini Wanti-wanti Pemerintah
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)

Sementara Anggota Satgas COVID-19 RS Unair Surabaya, Wiwin Is Effendi menjelaskan virus COVID-19 memiliki tiga golongan. Yaitu varian COVID-19 golongan VOI, Varian of Concern (VOC) dan Varian of High Consequence (VOHC).

COVID-19 yang masuk golongan VOI yakni virus masih dalam penelitian para ahli, apakah varian tersebut berbahaya atau tidak. Sedangkan golongan VOC ini sudah dianggap sebagai virus yang mengancam. Seperti halnya COVID-19 varian Delta dan Lamda.

Sedangkan virus Corona pada golongan VOHC merupakan virus yang sangat berbahaya. Namun hingga saat ini belum terdeteksi adanya varian VOHC.

"Nah yang varian MU itu kan baru ya, sekitar 30 Agustus 2021. Kalau ini sifatnya masih VOI, sejauh ini masih bisa ditangkal dengan vaksin," kata Wiwin.

Wiwin mengatakan, ada sejumlah referensi yang mengatakan varian MU bisa mengurangi potensi dari vaksinasi. Sejauh ini, menurut para ahli varian MU masih bisa diatasi dengan vaksinasi yang ada.

"Meskipun belum diketahui risiko penularannya, saya mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak tertular virus varian baru tersebut, wajib menerapkan protokol kesehatan seperti sebelumnya. Harus tetap waspada, meskipun belum dikategorikan varian VOC. Selain vaksin ya harus menerapkan protokol kesehatan. Nggak bisa kalau vaksin saja," pungkasnya.


(fat/fat)