Pakar Unair Minta Masyarakat Waspadai COVID-19 Varian Baru MU

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 18:08 WIB
Covid-19 Varian Mu Jangan Sampai Masuk RI! Ini Wanti-wanti Pemerintah
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Virus COVID-19 varian MU B1621 ditemukan di Kolombia 30 Agustus lalu. Virus ini membuat WHO memperingatkan agar waspada, meski belum diketahui risiko penularannya.

Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair Surabaya, Laura Navika Yamani, hingga kini belum ditemukan varian MU dari hasil Whole Genum Sequencing (WGS) isolat Indonesia. Namun masyarakat dan pemerintah perlu mewaspadai penularan dan tingkat risiko COVID-19. Terutama, mencegah masuknya varian baru dari luar negeri.

"Untuk kasus varian MU yang ditemukan saat ini di dunia belum melebihi varian Delta. Walaupun MU sudah dinyatakan sebagai Varian of Interest (VOI) oleh WHO. Ini masih diselidiki, apakah karakteristik dari MU ini bisa escape dari antibodi hasil vaksin atau tidak," kata Laura saat dihubungi wartawan, Rabu (8/9/2021).

Laura menambahkan untuk pencegahan varian MU ini masih sama dengan varian-varian virus COVID-19 sebelumnya. Yakni menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menunda bepergian untuk sementara waktu.

"Iya masih sama penerapan protokol kesehatannya," ujarnya.