Buaya Piaraan Warga Tuban yang Sempat Lepas Diserahkan ke BKSDA

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 21:53 WIB
Buaya piaraan Haikal Raditya(15), warga Selogabus, Kecamatan Parengan, Tuban sempat lepas dan ditemukan di selokan depan Puskesmas Ponco. Malam ini, buaya tersebut diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro.
Buaya yang diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro
Tuban -

Buaya piaraan Haikal Raditya (15), warga Selogabus, Kecamatan Parengan, Tuban sempat lepas dan ditemukan di selokan depan Puskesmas Ponco. Malam ini, buaya tersebut diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro.

Pihak BKSDA menuturkan, penyerahan hewan yang dilindungi itu berjalan dengan baik dan lancar, di rumah orang tua Haikal.

"Alhamdulillah penyerahan buaya tidak ada kendala dan berjalan lancar. Kebetulan Mas Haikal itu kan masih belum ber-KTP sehingga tadi proses serah terima dengan bapaknya. Kondisi buaya sehat dan panjang 177 cm," tutur petugas BKSDA Bojonegoro, Bagiyo kepada detikcom, Senin (6/9/2021).

Evakuasi buaya dilakukan oleh beberapa petugas BKSDA, dari kolam depan rumah Haikal diangkat ke mobil pikap dan diselimuti serta diikat. Buaya ini belum diketahui jenisnya.

"Kondisinya sehat buayanya. Ini kita evakuasi langsung dibawa ke Predator, di Batu Malang," imbuh Bagiyo.

Buaya sepanjang 177 cm itu sempat membuat kaget warga di Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Tuban. Buaya itu muncul di selokan depan Puskesmas Ponco pada Selasa (31/8).

Buaya itu merupakan piaraan Haikal yang lepas. Ia warga Dusun Bedrek, Desa Selogabus.

(sun/bdh)