Ketahuan Simpan Sabu Dalam Anus, 3 Napi Lapas Kediri Kembali Diadili

Andhika Dwi - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 21:37 WIB
lapas kediri
Foto: Istimewa (Dok Lapas Kediri)
Kediri -

Petugas Lapas Kediri kembali menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu yang dilakukan warga binaan. Saat digeledah, warga binaan ini mencoba mengelabui petugas dengan menyembunyikan barang bukti di dalam anus.

Gagalnya penyelundupan 3,86 gram dan 10 butir pil koplo ke lapas terjadi Sabtu (4/9/2021). Aksi penyelundupan narkotika itu melibatkan SKJ, PW dan RN, warga binaan setempat.

Terungkapnya penyelundupan tersebut saat petugas lapas yang bertugas di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) menemukan benda mencurigakan di area kebun kangkung. Barang mencurigakan itu dibungkus rokok.

Diduga paket tersebut dilempar orang tak dikenal dari luar area SAE. Namun, untuk memastikan pemilik barang tersebut, petugas membiarkan bungkus rokok itu di tempatnya. Salah seorang petugas lalu memasang kamera pengintai dari kejauhan menggunakan smartphone pribadinya.

"Petugas sempat mengecek, dan benar bahwa bungkus rokok tersebut berisi paket narkotika. Pukul 06.30 WIB petugas kami melihat SKJ tampak sedang mencari sesuatu yang jatuh di sekitar kebun kangkung," ujar Kalapas Kediri Asih Widodo, Minggu (5/9/2021).

Saat itu, SKJ terpantau menggenggam sesuatu, petugas merekam seluruh aktivitas mencurigakan itu dan melaporkan ke kepala pengamanan lapas untuk langkah lebih lanjut.

Usai pembinaan luar lapas selesai, petugas pengamanan lapas melakukan penggeledahan secara intensif terhadap 13 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti program asimilasi di SAE Lapas Kediri.