Horee! Dusun Terpencil di Situbondo Ini Bakal Punya Akses Jalan ke Dunia Luar

Horee! Dusun Terpencil di Situbondo Ini Bakal Punya Akses Jalan ke Dunia Luar

Chuk S Widarsha - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 11:33 WIB
dusun terpencil di situbondo
Rumah salah satu warga dusun (Foto: Chuk S Widarsha)
Situbondo -

Sebuah dusun di ujung timur utara pulau Jawa sangat terisolir. Selain tak ada akses jalan, dusunyang masuk wilayah Situbondo ini juga tak ada listrik.

Namun, sedikit asa warga Dusun Merak tersebut kini mulai muncul. Harapan untuk terbukanya akses dengan dunia luar akan terwujud. Sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi, sosial, maupun hal-hal lain untuk masyarakat setempat.

Hal itu menyusul turunnya persetujuan dan izin prinsip dalam bentuk MoU dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE). Karena dusun ini memang ada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

"Persetujuan dari Dirjen KSDAE memang telah turun. Kami telah MoU. Rencananya kami akan membangun dan meningkatkan jalan sepanjang sekitar 10 kilometer," jelas Bupati Situbondo Karna Suswandi saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (4/9/2021).

dusun terpencil di situbondodusun terpencil di situbondo Foto: Chuk S Widarsha

Tetapi hal itu harus tetap menunggu pengesahan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2021 dari DPRD. Pembahasan dan pengesahan di legislatif itu direncanakan bulan depan.

"Ini kan semacam lampu hijau dari pemerintah pusat atau Kementerian LHK, sebagai pengelola kawasan. Jadi ibaratnya, silakan jika mau dibuka akses untuk kesejahteraan warga situ. Kan begitu," ungkap Karna.

Sehingga, kata Karna, berpulang pada pemerintah daerah untuk menindaklanjutinya. Sebab, pembuatan jalan tersebut merupakan cara untuk membuka akses daerah yang memiliki potensi besar tersebut.

Sementara Kepala Desa Sumber Waru, Banyuputih, Situbondo, Imam Anshori, mengaku senang dengan kabar akan dibukanya akses di kawasan yang ada di desanya tersebut. Karena hal itu memang merupakan harapan warga yang sudah lama diimpikan.