Potret 17 Tersangka Suap Jual Beli Jabatan Kades Seret Bupati Probolinggo

Potret 17 Tersangka Suap Jual Beli Jabatan Kades Seret Bupati Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 16:41 WIB
Potret 17 Tersangka Suap Jual Beli Jabatan Kades
Potret belasan kades terseret kasus jual beli jabatan (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Selama kurang lebih 8 jam, 17 tersangka dugaan suap jual-beli jabatan kades masih diperiksa di Mapolres Probolinggo. Dugaan korupsi jabatan kades ini menyeret pasutri Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin, anggota DPR RI.

Selama diperiksa, petugas memberi kesempatan mereka salat dan makan. Karena jumlahnya 17 ASN, saat mereka keluar dari ruang pemeriksaan tampak jelas iring-iringan tersebut saat berjalan. Mereka pun dikawal petugas kepolisian selama makan dan salat.

Wajah mereka yang tertutup masker seakan 'aman' dari sorotan warga yang lalu lalang di Mapolres Probolinggo. Warga pun akhirnya mengenali mereka yakni tersangka jual beli jabatan kades. Apalagi warga juga melihat wartawan langsung menghampiri mereka saat berjalan beriring-iringan.

"Ya wis ditangkap, rakyat e melas, kondisi susah kok pejabate berbuat seperti itu," kata seorang penjual makanan melihat iring-iringan para tersangka kepada detikcom, Jumat (3/9/2021).

Hingga pukul 17.00 WIB, belum ada tanda-tanda mereka selesai menjalani pemeriksaan. Rencananya mereka akan dibawa ke Surabaya dan selanjutnya dibawa ke Jakarta.

KPK menetapkan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari beserta suaminya yang merupakan anggota DPR RI, Hasan Aminuddin, menjadi tersangka korupsi. Mereka diduga menerima suap terkait jabatan kepala desa (kades).

Total, ada 22 orang yang dijerat KPK sebagai tersangka. Mayoritas adalah ASN yang hendak mengisi jabatan kepala desa dan memberi suap ke pasangan suami-istri tersebut.

Berikut 17 tersangka dugaan suap jual-beli jabatan kades Kabupaten Probolinggo:

Pemberi suap:
- Ali Wafa (ASN)
- Mawardi (ASN)
- Mashudi (ASN)
- Maliha (ASN)
- Mohammad Bambang (ASN)
- Masruhen (ASN)
- Abdul Wafi (ASN)
- Kho'im (ASN)
- Ahkmad Saifullah (ASN)
- Jaelani (ASN)
- Uhar (ASN)
- Nurul Hadi (ASN)
- Nuruh Huda (ASN)
- Hasan (ASN)
- Sahir (ASN)
- Sugito (ASN)
- Samsuddin (ASN) (fat/fat)