Pengendara di Pacitan yang Tertib Lalu Lintas Berpeluang Dapat Hadiah

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 18:24 WIB
Ada cara unik dari polisi Pacitan saat razia. Tak semata menertibkan pelanggar, petugas juga memberikan ganjaran bagi yang tertib.
Polisi Pacitan saat razia/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Ada cara unik dari polisi Pacitan saat razia. Tak semata menertibkan pelanggar, petugas juga memberikan ganjaran bagi yang tertib lalu lintas.

Penilaian meliputi disiplin berlalu lintas serta patuh protokol kesehatan. Dian (26) tampak tenang saat petugas menghentikan motor yang dikendarainya. Pun saat diminta menunjukkan surat menyurat, dirinya bergegas membuka tas dan menyerahkannya. Dokumen itu terdiri dari SIM dan STNK.

Usai memeriksa bukti administratif tersebut, Polantas berseragam lengkap lantas mengucapkan terima kasih. Namun, Dian yang masih duduk di atas jok sepeda motor belum diizinkan pergi. Bukan untuk disanksi, tapi untuk mengambil nomor undian.

"Karena Mbak sudah disiplin termasuk juga pakai masker maka dipersilakan ambil nomor undian," ucap Ipda Haming, seorang petugas di lokasi razia, Jalan Yos Sudarso, Kamis (2/9/2021).

Dian pun tampak gembira. Tangannya segera meraih gulungan kertas kecil yang terletak di kotak plastik. Seorang Polwan tampak memegangi wadah nomor undian. Begitu Dian membuka gulungan kertas, ternyata ada tulisan 'Beruntung'.

Petugas lantas menyerahkan amplop putih serta cendera mata berupa gantungan kunci. Dian mengaku tak menyangka jika keberadaan petugas di tempat itu untuk berbagi hadiah. Perempuan berjilbab itu pun mengaku senang.

"Alhamdulillah, dapat tambahan uang jajan," ucapnya seraya berlalu dengan motor matic-nya.

Hal senada juga diakui Adi (20), pengguna jalan lain. Pria yang tinggal di Desa Bangunsari itu sempat kaget saat petugas menghentikannya. Pun setelah memeriksa kelengkapan surat menyurat, dirinya belum diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Ternyata, pemuda yang bekerja di salah satu perusahaan percetakan itu diminta menuju seberang jalan. Di halaman rumah warga beberapa petugas Satreskoba sudah menunggu. Adi adalah satu di antara puluhan pengguna jalan yang dites secara acak.

Beberapa saat Adi menuju ke kamar mandi. Saat kembali petugas langsung melakukan pengujian terhadap urine-nya. Ternyata hasilnya dinyatakan negatif. Usai tes urine berlangsung, Adi mendapat kesempatan mengambil nomor undian.