Geledah Kantor BPBD Jember soal Dugaan Korupsi, Polisi Sita Sejumlah Dokumen

Yakub Mulyono - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 18:20 WIB
Polisi Geledah Kantor BPBD Jember
Kantor BPBD Jember (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Jember -

Polisi menggeledah kantor BPBD Jember terkait dugaan korupsi anggaran pemakaman COVID-19. Petugas menyita sejumlah dokumen usai melakukan penggeledahan sekitar 4,5 jam.

Dokumen-dokumen yang disita berasal dari ruang Kepala Badan (Kaban) BPBD Jember, ruang Kabid 2 Kedaruratan dan Logistik, dan ruang Sekretariat.

"Dokumen-dokumen itu, produk tentang pengelolaan anggaran, dan ini kita fokus menganalisa," kata Kasat Reskrim Polres Jember AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Rabu (1/9/2021).

Dokumen tersebut, kata Komang, merupakan pendukung dalam proses penyelidikan. Dokumen yang disita, berbentuk hardcopy mau pun softcopy.

"Untuk mendukung proses penyelidikan dan dilanjutkan dengan penyidikan, kita melakukan proses-proses kepolisian. Salah satuya yang kita lakukan hari ini, yang kita butuhkan untuk proses-proses tersebut. Dengan mengumpulkan dokumen dan data yang dibutuhkan. Kita lakukan penggeledahan dalam pengumpulan data, baik softcopy ataupun hardcopy," terang Komang.

Dia menambahkan, penyelidikan tentang honor ini tidak hanya fokus nominal yang diterima bupati dan sejumlah pejabat di bawahnya. Namun juga tentang dugaan pemotongan honor kepada para relawan pemakaman.

"Termasuk juga dugaan pemotongan honor pegawai yang melakukan pemakaman," tegas Komang.

"Saat ini kita butuh waktu mengkaji, untuk penyelidikan. Lebih lanjut kita dalami, termasuk semisal ada dugaan markup anggaran," sambungnya.

Apakah sudah ada calon tersangka? "Itu masih jauh, kita masih melakukan proses-proses penyelidikan. Mohon waktu," jawab Komang.

Simak juga video 'Kejari Geledah Kemenag Kabupaten Pasuruan, Usut Dugaan Korupsi BOP':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)