Round-Up

Wabup Timbul 'Naik Tahta' Setelah Bupati Probolinggo Kena OTT KPK

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 08:33 WIB
Timbul Prihanjoko Resmi Jabat Plt Bupati Probolinggo
Timbul Prohanjoko jadi Plt Bupati Probolinggo (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari ditetapkan sebagai tersangka suap jual beli jabatan kepala desa oleh KPK. Gubernur Khofifah Indar Parawansa pun resmi mengangkat Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko sebagai Plt Bupati Probolinggo.

Sebelumnya, Tantri, sapaan akrab Bupati Probolinggo, sempat terciduk OTT KPK di kediamannya. Tantri terkena OTT bersama suaminya, Hasan Aminuddin yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem.

Khofifah menyerahkan Surat Perintah Tugas (SPT) kepada Timbul Prihanjoko di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (31/8). Penunjukan Timbul ini sesuai SPT Plt. Bupati Probolinggo No. 131/1005/011.2/2021 tertanggal 31 Agustus 2021. SPT inijuga diperkuat Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tanggal 31 Agustus 2021 No: 131.35/5597/OTDA perihal Penugasan Wakil Bupati Probolinggo selaku Pelaksana Tugas Bupati Probolinggo.

Di dalamnya, berisi penunjukan sesuai dengan pasal 65 UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan kepala daerah yang ditahan, dilarang melaksanakan tugas, dan wakil kepala daerah diangkat menjadi Plt.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini meminta Timbul segera lari kencang dalam menjalankan roda pemerintah. Ini penting, karena dalam waktu dekat harus segera menyelesaikan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) dan revisi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemkab Probolinggo, hingga selanjutnya membahas KUA PPAS bersama DPRD Kabupaten Probolinggo.

"Pak Plt Bupati Probolinggo ini sudah harus lari kencang. Revisi RPJMD Provinsi Jawa Timur sudah selesai. Sekarang ini Pemkab Probolinggo sudah harus menyiapkan PAK, kemudian revisi RKPD ditambah dengan KUA-PPAS. Jadi harus lari betul, adaptasinya gak pakai lama (GPL)," pesan Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (1/9/2021).

Khofifah menambahkan, kunci lari kencang dalam melaksanakan roda pemerintah yaitu melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Forkopimda, DPRD serta elemen strategis lainnya Khofifah juga berpesan agar Timbul bisa bersinergi dengan Forkopimda Kabupaten Probolinggo dalam pengendalian COVID-19. Yang mana, saat ini Kabupaten Probolinggo masuk dalam PPKM level 3.

"Di lapangan kita masih harus melakukan pengendalian COVID-19 dengan berbagai ikhtiar. Sekarang ini Kabupaten Probolinggo sudah masuk level 3. Karena masuk level 3 sudah mulai PTM terbatas bertahap dengan format blended atau hybrid learning," ungkapnya.

Simak video 'Bupati Probolinggo Ditahan di Rutan KPK':

[Gambas:Video 20detik]