Ibu Hamil di Ponorogo Kini Bisa Vaksinasi, Ditargetkan 1.500 Tervaksin

Charoline Pebrianti - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 17:27 WIB
vaksinasi ibu hamil di ponorogo
Vaksinasi ibu hamil di Ponorogo (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Ibu hamil di Ponorogo saat ini bisa mengikuti vaksinasi dosis pertama COVID-19. Total ada 3.003 ibu hamil di Ponorogo yang terdaftar.

Namun hanya 1.500 ibu hamil yang bersedia divaksin. Sementara ibu hamil yang enggan divaksin takut akibat terpengaruh berita-berita hoaks tentang vaksinasi.

"Seperti awal vaksinasi untuk masyarakat umum dulu, kita sosialisasi dan edukasi, sekarang buka pendaftaran online saja belum setengah jam sudah penuh. Nah, ibu hamil juga seperti itu, kan yang jadi perhatian bukan hanya si ibu tapi si janinnya juga. Mungkin itu yang jadi pertimbangan para ibu," tutur Lisswarni kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

Menurut Lisswarni, vaksinasi ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran para ibu untuk meningkatkan imunitas. Pun selain itu, demi menjaga dampak terendah saat terpapar COVID-19.

"Misalnya ada ibu hamil yang terpapar, kalau sudah divaksin harapannya efeknya seminimal mungkin," terang Lisswarni.

Data di Dinkes Ponorogo, sepanjang tahun 2020 ada 10 ibu hamil meninggal dunia, dua di antaranya karena terpapar COVID-19. Tahun 2021, Januari hingga Juni ada 6 kematian. Sedangkan Juni hingga Juli 2021 ada 16 kematian. Selama Agustus 2021 ada 7 kematian.

"Januari hingga Agustus ada 29 kematian, 26 diantaranya karena COVID-19," ujar Lisswarni.

Harapannya dengan edukasi serta sebagian ibu hamil di Ponorogo sudah tervaksin dan terbukti aman. Bisa membuat sebagian ibu hamil yakin vaksin aman.

"Paling tidak setelah vaksinasi ini ada gambaran, sehingga berikutnya bisa vaksin, syaratnya sama dengan vaksinasi pada umumnya tambahannya usia kandungan minimal 13 minggu," pungkas Lisswarni.

(iwd/iwd)