Kata Pabrik Gula di Blitar soal Kemacetan Truk Tebu yang Dikeluhkan Warga

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 12:06 WIB
Ratusan truk pengangkut tebu tertahan di sepanjang jalan menuju pabrik gula Rejoso Manis Indo (RMI). Warga sekitar pabrik mengadang truk-truk itu karena pabrik melanggar komitmen yang dibuat sebelum musim giling tiba.
Truk pengangkut tebu saat tertahan di sepanjang jalan menuju pabrik gula Rejoso Manis Indo (RMI)/Foto: Erliana Riady/detikcom

PT RMI mengharapkan kerja sama semua stakeholder terkait dan mohon dengan sangat agar menurunkan ego sektoral. Termasuk tidak menahan truk tebu yang pada akhirnya juga akan merugikan petani. Sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini atas kepadatan yang terjadi. Kami terus membuka diri dan melakukan perbaikan, koordinasi yang baik dengan semua stakeholder karena kami ingin menjadi investor yang baik, yang dapat berkontribusi terhadap ekonomi daerah, petani tebu Blitar dan masyarakat sekitar," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan truk tebu tertahan di sepanjang jalan menuju pabrik gula Rejoso Manis Indo (RMI). Warga sekitar pabrik mengadang truk-truk itu karena pihak pabrik melanggar komitmen yang dibuat sebelum musim giling tiba.

Kemacetan truk-truk dilaporkan terjadi mulai dari kawasan hutan jati wilayah Brongkos sampai 500 meter memasuki pabrik di Desa Rejoso, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar.


(sun/bdh)