Sah Jadi Parpol, Partai Ummat Jatim Rapatkan Kekuatan dan Konsolidasi Organisasi

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 21:29 WIB
Partai Ummat Jatim
Partai Ummat Jatim (Foto: Dok. Partai Ummat)
Surabaya -

Kader Partai Ummat di Jawa Timur menggelar syukuran dan peresmian kantor. Acara digelar setelah partai besutan Amien Rais itu dinyatakan sah dan mendapat SK dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Wakil ketua DPW Partai Ummat Jatim Ali Murtadho mengatakan diterbitkannya SK Kemenkumham siap mengawal aspirasi ummat. Ali juga berharap partai berlambang bintang emas ini juga bisa menjadi wadah perjuangan dalam melawan kezaliman dan penegakkan keadilan.

"Partai Ummat sebagaimana pernyataan Ketua Majelis Syuro Prof KH Amien Rais, kita siap mengawal aspirasi ummat dan rakyat Indonesia, serta menjaga agar demokrasi tidak terus merosot di republik ini," terang Ali dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Senin (30/8/2021).

"Nafas perjuangan Partai Ummat melawan kezaliman dan menegakkan keadilan telah berefek signifikan membentuk opini perjuangan ummat di tengah kondisi kebangsaan yang semakin menghawatirkan saat ini," imbuhnya.

"Artinya seluruh kader Partai UMMAT perlu segera berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat, terus berbuat kebaikan serta memiliki imunitas keimanan yang kokoh dalam melawan kezaliman selaras dengan perintah Allah SWT, terutama sebagaimana dalam Qur'an surah An-Nahl ayat 90," papar Ali.

Menurut Ali, dengan diterbitkannya SK Kemenkumham, ghirah (semangat) perjuangan para kader, khususnya di Jatim saat ini semakin kokoh. Ini dibuktikan dengan getak cepat para kader dengan melakukan konsolidasi guna merapatkan barisan.

"Terbitnya SK KumHam telah mengetuk semangat para kader Partai Ummat di Jawa Timur, dan setiap level kepemimpinan langsung merapatkan kekuatan, membuat agenda-agenda konsolidasi organisasi, yang dibingkai dengan acara syukuran" terang Ali.

Dari hasil lembaga survei, lanjut Ali, Partai Ummat diprediksi akan menjadi alternatif aspirasi politik pada Pemili 2024 akan datang. Itu dikarenakan karena sosok Amien Rais sebagai pendiri yang dianggap mampu mempengaruhi basis ummat yang ada di partai lain.

"Dari hasil analisis beberapa lembaga survei menyatakan bahwa Partai Ummat akan menjadi alternatif aspirasi politik ummat secara umum. Di samping sosok Pak Amien Rais yang kemungkinan besar dapat mengalihkan basis dukungan para pemilih PAN di pemilu 2019 yang lalu dengan memilih Partai UMMAT pada pemilu 2024 nanti," tandas Ali.

Sebelumnya, Partai Ummat resmi mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait pengesahan badan hukum Partai Ummat pada 20 Agustus dengan surat nomor: M.HH. Kep. 13.AH.11.01 Tahun 2021. Partai Ummat mengaku siap menjadi peserta Pemilu 2024.

(iwd/iwd)