Bupati Ipuk Gandeng Lintas Elemen Pacu Vaksinasi di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 17:29 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau vaksinasi di Balai Desa Purwoharjo
Bupati Ipuk pantau vaksinasi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi terus memacu pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Berbagai elemen masyarakat digandeng untuk akselerasi vaksinasi. Per 28 Agustus 2021, tercatat 550.175 warga telah mendapat vaksin dosis pertama, 222.399 orang mendapat vaksin dosis kedua dan 4.569 tenaga kesehatan (Nakes) mendapat suntikan dosis ketiga.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, akselerasi vaksinasi terus dilakukan. Rata-rata jumlah vaksinasi setiap hari juga meningkat. Misalnya, pada pada 23 hingga 28 Agustus terdapat 65.339 orang divaksin di Banyuwangi, sehingga rata-rata tiap hari terdapat sekitar 10.800 orang divaksin.

Semua itu, lanjut Ipuk, adalah dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jatim yang terus memberi tambahan alokasi vaksin untuk Banyuwangi.

"Terima kasih seluruh tenaga kesehatan, TNI, Polri, organisasi keagamaan, partai politik, organisasi dunia usaha, lembaga pendidikan, PKK, relawan, dan berbagai elemen lainnya, yang bahu-membahu menyukseskan vaksinasi. Tentu juga kepada warga yang telah antusias divaksin," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau vaksinasi di Balai Desa Purwoharjo, Senin (30/8/2021).

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menambahkan, TNI-Polri terus melakukan Serbuan vaksinasi COVID-19 di masyarakat. Beberapa titik pun dilakukan hingga saat ini. Bahkan secara door to door kegiatan vaksinasi dilakukan hingga saat ini.

"Tentu kami mendukung kegiatan vaksinasi. Mulai dari Ponpes hingga door to door. Kegiatan terus kita lakukan hingga herd immunity tercapai," tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengatakan, angka 550.175 dosis 1 tersebut setara 41,05 persen dari target sasaran warga sebesar 1,34 juta jiwa. Untuk tingkat kabupaten, capaian persentase vaksinasi Banyuwagi merupakan yang terbesar kedua di Jatim.